Ki Manteb Sudharsono memainkan lakon Srikandi Senopati pada 27 Juni 2021 yang disiarkan langsung dari Dari pendapa Sanggar Bima Ki Manteb Soedarsono, Karangpandan, Karanganyar
Ki Manteb Sudharsono memainkan lakon Srikandi Senopati pada 27 Juni 2021 yang disiarkan langsung dari Dari pendapa Sanggar Bima Ki Manteb Soedarsono, Karangpandan, Karanganyar ( (YouTube Ki Manteb Sudharsono))

Keluarga Ungkap soal Meninggalnya Dalang Ki Manteb Soedharsono

3 Juli 2021 08:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Dunia kesenian wayang Tanah Air kembali kehilangan salah satu sosok panutan, Ki Manteb Soedharsono.

Ki Manteb meninggal dunia pada Jumat (2/7/2021) pukul 09.45 WIB kemarin di kediamannya, kawasan Karanganyar, Jawa Tengah.

Pria kelahiran Sukoharjo, 31 Agustus 1948 ini adalah salah satu dalang hebat yang ada di Indonesia.
Dia sempat dijuluki "dalang setan" dan mendalang selama 24 jam tanpa istirahat.

Sempat pentas

Dalang Ki Manteb Soedharsono sempat menjalani pentas pada tanggal 27 Juni lalu. Keponakan Ki Manteb, Jengkung Setio Utomo, mengatakan ia melihat almarhum sudah tidak enak badan.

“Kemarin tanggal 25 kan pentas di Taman Mini, habis itu pulang sudah enggak enak badan karena di sana AC-nya dua hari pakai latihan dulu, dingin banget. Enggak enak badan, tanggal 27 Juni pentas lagi,” ucap Jengkung Setio Utomo kepada Kompas.com via telepon Jumat (2/7/2021).

Jengkung mengungkapkan sudah mengingatkan Ki Manteb untuk beristirahat dan posisinya diganti oleh anak. Namun Ki Manteb menolak permintaan tersebut dan melaksanakan diri untuk tetap andil dalam pementasan.

“Sudah ngeluh (sebelum pentas). Saya sebetulnya melarang beliau pentas. Diwakilkan anaknya, tapi beliau enggak mau, ‘pokoknya saya bisa pentas’, memaksakan diri,” ucapnya.


Penyebab meninggal

Jengkung Setio Utomo menyampaikan, menurut pemeriksaan dokter, Ki Manteb meninggal dunia karena penyakit paru-paru yang dia idap sejak lama itu kambuh.

“Abis ditangani dokter di rumah. Dokter sudah meyakinkan ke keluarga kalau ini bukan Covid. Sudah ada perawatan di rumah,”ungkapnya. “Jadi kan kecapekan memicu kambuhnya penyakit paru mas. Sudah ada sejak tahun 80-an, pakde udah ada penyakit itu,” ujar Jengkung lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Keterangan Keluarga soal Meninggalnya Dalang Ki Manteb Soedharsono ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/07/03/073513966/keterangan-keluarga-soal-meninggalnya-dalang-ki-manteb-soedharsono.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm