Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

Kenapa Mencuci Pakaian Dalam Harus dengan Air Panas, Sudah Tahu ?

6 Juli 2021 08:52 WIB

SonoraBangka.id - Pakaian yang bersih identik dengan wangi detergen. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang ternyata salah kaprah akan hal itu. 

Siapa sangka jika pakaian dalam harus dicuci dengan air panas? Begini penjelasannya.

Diketahui jika pakaian yang sudah kering setelah dicuci dengan detergen belum terjamin bebas dari kotoran, termasuk pakaian dalam. 

Melansir Kompas.com, sebuah riset dari Journal of Infection mengungkapkan jika rata-rata pakaian dalam yang bersih ternyata masih mengandung sekitar 0,1 gram

tinja dan bisa ada kandungan kotoran hingga 10 gram. 

Pemimpin riset tersebut, Charles Gerba memberi saran supaya lebih baik kita mencuci pakaian dalam dengan air panas supaya kebersihannya terjamin. 

"Apapun di bawah siklus panas 60 derajat Celcius tidak akan banyak berpengaruh terhadap bakteri.

"Air dingin dirancang untuk membersihkan pakaian tapi tidak menghilangkan mikroorganisme," kata profesor mikrobiologi di University of Arizona ini.

Ia juga menyarankan kita untuk memakai detergen pemutih oksigen aktif seperti OxiClean atau Clorox 2 jika tidak ingin menggunakan air panas untuk mencuci pakaian dalam

Mencuci pakaian dalam tanpa air panas dan pemutih, bakteri dari pakaian dalam tersebut bisa menular ke pakaian lain melalui tangan. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm