Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist)

Gubernur Babel : Literasi Digital Peluang Penguatan UMKM Babel

6 Juli 2021 08:55 WIB

SonoraBangka.id – Pertumbuhan e-commerce di Indonesia semakin meningkat, dilihat dari pengguna internet menggunakan smartphone dan 75 persen pembeli online di Indonesia menggunakan perangkat smartphone. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan kondisi ini tentu menjadi peluang bagi Babel untuk mengenalkan dan memasarkan produk lokal.

Gubernur menjelaskan perkembangan teknologi digital saat ini harus diimbangi dengan kemampuan literasi digital. Terkhusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bangka Belitung, kemampuan literasi digital sangat bermanfaat dalam memasarkan produknya. Penggunaan metode digital marketing bagi pelaku UMKM merupakan salah satu upaya akselerasi bisnis yang lebih luas.

“Bangka Belitung memiliki sumber daya alam yang tersebar di seluruh daerah. Komoditi produk lokal dari Babel memang sudah dipasarkan melalui e-commerce, namun masih ada juga yang masih menggunakan pemasaran konvensional. Kita berharap nantinya pelaku usaha ini dapat bertransformasi ke digital untuk mendukung UMKM Go Digital," ujarnya beberapa hari lalu.

Untuk mendukung kemampuan literasi digital bagi pelaku UMKM,Pemprov. Babel berkolaborasi dengan komunitas dan relawan, yang salah satunya adalah relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kolaborasi ini bentuknya beragam, mulai dari pengenalan sampai dengan penggunaan aplikasi baik media sosial maupun platform e-commerce.

“Kolaborasi ini bertujuan agar pelaku usaha di Babel dapat memproduksi konten yang inspiratif, informatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan engagement sehingga pemasaran produk UMKM semakin luas,”tutur Gubernur.

Tidak hanya itu, pembangunan infrastruktur internet juga tidak kalah penting, Gubernur mengungkapkan bahwa Pemprov. Babel saat ini melakukan pembangunan infrastruktur internet sampai ke desa-desa.

“Tantangan infrastruktur internet memang tidak mudah karena Babel ini adalah provinsi kepulauan. Saat ini masih ada 108 desa yang belum memiliki akses internet (blank spot). Untuk itu kami menargetkan tahun ini semua desa tersebut sudah mendapat akses internet,“ pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm