Ilustrasi NAS sebagai alternatif ruang simpan koleksi foto
Ilustrasi NAS sebagai alternatif ruang simpan koleksi foto ( )

Ini Bisa Jadi Alternatif,Saat Google Photos Tak Lagi Gratis .

7 Juli 2021 15:25 WIB

Bangkasonora.ID - Setelah tanggal 1 Juni 2021 yang lalu, Google Photos tidak lagi gratis! Adakah alternatifnya?

Terhitung mulai tanggal tersebut, bersiap-siaplah menerima kiriman peringatan dari Google jika Anda memiliki akun Google yang tidak aktif atau memiliki ukuran file lebih dari 15GB. Peringatan itu akan memberi tahu Anda bahwa foto telah melebihi batas penyimpanan dan akan terhapus.

Kabar bahwa Google Photos akan menghentikan layanan penyimpanan tak terbatas (unlimited) gratis ini tentu menggemparkan dunia. Hal ini sangat berpengaruh besar bagi mereka yang terbiasa untuk menyimpan atau mencadangkan foto melalui layanan cloud ini. Pasalnya, pengguna harus dihadapkan pada pilihan untuk membayar biaya berlangganan atau mencari alternatif lain apabila kehabisan ruang untuk menyimpan koleksi fotonya.

Lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia diprediksi akan terkena dampak dari perubahan kebijakan Google ini. Banyak yang mulai beralih mencari solusi pengganti lain, tapi sebagian besar vendor penyimpanan cloud publik yang menawarkan sejumlah ruang penyimpanan gratis, seperti OneDrive, Amazon Drive, Dropbox, maupun iCloud, tidak ada yang menawarkan ruang lebih dari 15GB. Untuk penyimpanan semacam Google Drive sekalipun, walaupun terlihat mempunyai beberapa paket yang menarik,  jika dibandingkan dengan laptop berbasis SSD, layaknya Macbook atau smartphone yang mempunyai ruang penyimpanan hingga 256GB, biaya penyimpanan datanya dapat menghabiskan hingga US$120/tahun (atau sekitar 1,5 juta rupiah). Biaya yang tinggi ini akan terasa berat bagi seluruh pengguna cloud publik untuk jangka panjang.

 

Alternatif NAS

Dengan biaya berlangganan yang tinggi ini, tentu saja banyak yang akan mencari solusi pengganti, misalnya kembali menggunakan hard disk eksternal.

Namun, solusi ini sepertinya bukanlah jalan keluar yang tepat karena selain resiko kerusakan hard disk yang tinggi akibat tidak adanya pencadangan yang sesuai, hard disk eksternal juga rentan terhadap hilangnya data akibat virus maupun human-error. Proses pemindahan data-pun akan menjadi sangat rumit dan susah.

Ilustrasi NAS sebagai alternatif ruang simpan koleksi foto
 
Ilustrasi NAS

Untuk penggunaan jangka panjang, solusi on-premises atau cloud pribadi seperti Network-Attached Storage (NAS) mungkin dapat menjadi jawaban atas  permasalahan di atas. NAS sendiri merupakan perangkat dengan ruang penyimpanan yang mencapai terabyte serta terhubung ke jaringan pribadi di rumah atau kantor. Apa yang membuat NAS dapat menjadi solusi untuk masa depan?

Disertai Solusi Pencadangan Data

Kehilangan data sering kali disebabkan oleh kesalahan manusia seperti penghapusan yang tidak disengaja, kerusakan perangkat keras, atau serangan ransomware. Selain itu, kebocoran foto pribadi ataupun kehilangan data kerapkali terjadi pada semua khalayak yang membuat banyaknya orang yang mulai menyadari bahwa data mereka yang tersimpan dalam cloud publik tidak sepenuhnya aman.

Sumberinfokomputer.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm