Begini cara mengatasi laptop lemot
Begini cara mengatasi laptop lemot ( ist)

Laptop lemot? Inilah Lima Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya

7 Juli 2021 15:29 WIB

Bangkasonora.ID - Kasus laptop lemot kerap terjadi. Jangan sampai, laptop yang digunakan lambat atau lemot sehingga mengganggu produktivitas pengguna.

Anda pun perlu mengetahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Lima tips itu membuat Anda tidak mesti mengganti laptop dengan yang baru.

Yuk simak informasinya di bawah ini.

1. Hardisk Penuh

Salah satu penyebab kinerja laptop menjadi lemot adalah hardisk yang sudah terlalu penuh. Perlu Anda ketahui, sistem operasi (baik Windows maupun Mac) membutuhkan kapasitas tersendiri untuk temporary files, swap files, fragmentation, dan lain sebagainya. 

 

Ketika kapasitas yang dibutuhkan sistem operasi itu tidak ada, kinerja laptop Anda pun menjadi lambat.

Solusi: Untuk mengatasi hal tersebut, Anda wajib mengurangi jumlah file yang tersimpan. Ada beberapa caranya, seperti menghapus file tidak penting, menghapus cache ataupun thumbnails, atau memindahkan file tersebut ke penyimpanan eksternal.

2. Kapasitas RAM Kecil

Penyebab lainnya dari lemahnya kinerja laptop adalah kapasitas RAM yang kecil. Ketika Anda sering membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, RAM akan kekurangan kapasitas, dan berpengaruh pada performa laptop yang Anda gunakan.

Solusi: Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba untuk menambah kapasitas RAM. Beberapa laptop sekarang telah menyediakan slot dual-channel agar pengguna bisa menambah kapasitas RAM dengan mudah.

Sumberinfokomputer.grid.id
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm