Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet.
Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet. ( Invision Frame Studio/iStock)

Begini Cara untuk Memeriksa Kecepatan Internet yang Digunakan

7 Juli 2021 16:02 WIB

Bangkasonora.ID - Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan untuk banyak orang. Apalagi di masa wabah COVID-19 yang membuat banyak aktivitas dilakukan secara daring. Tentunya kebutuhan yang dimaksud tidak sekadar memiliki koneksi internet, melainkan memiliki koneksi internet yang memadai; antara lain dari sisi kecepatan, baik downlink/downstream maupun uplink/upstream.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk memeriksa kecepatan internet yang digunakan atau yang menjadi langganan. Salah satu yang bisa dilakukan dengan mudah adalah memanfaatkan bantuan situs yang menawarkan speed test alias uji kecepatan terhadap koneksi internet yang dimanfaatkan tersebut.

Nah, berikut ini beberapa situs yang menawarkan speed test bersangkutan. Dengan situs-situs tersebut, Anda dengan mudah bisa memeriksa kecepatan internet yang digunakan.

1. Speedtest by Ookla

Yang pertama adalah Speedtest by Ookla. Situs ini merupakan salah situs paling populer, bahkan mungkin paling populer, untuk speed test alias uji kecepatan dari koneksi internet yang dipakai. Speedtest by Ookla beralamat di www.speedtest.net. Begitu masuk ke situs itu, Anda bisa segera melakukan pengujian dengan mengeklik [GO]. Namun, jika Anda melakukan hal tersebut, speed test yang dilakukan menggunakan pengaturan yang ditentukan secara otomatis oleh Speedtest by Ookla, misalnya server yang dimanfaatkan.

Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet.
 
Speedtest by Ookla.
 

Bila ingin memeriksa kecepatan internet yang digunakan tatkala terhubung ke server lain, seperti server di lokasi tertentu di dunia, Anda bisa mengeklik [Change Server] terlebih dahulu. Pada menu yang tampil, tepatnya pada kotak pencarian, masukkan lokasi yang diinginkan dan pilih salah satu server yang muncul. Barulah kemudian klik [GO]. Contohnya, bila Anda ingin memeriksa kecepatan internet yang digunakan ketika terkoneksi ke server di Los Angeles, masukkan Los Angeles pada kotak pencarian dan pilih salah satu server dari sana.

Hasil speed test yang diperoleh biasanya berbeda untuk server yang berbeda. Anda bisa mendapatkan gambaran akan kecepatan internet yang digunakan ketika terhubung ke aneka situs di berbagai belahan dunia.

2. FAST.com

FAST.com adalah situs yang diluncurkan oleh Netflix. Netflix menyebutkan FAST.com bertujuan untuk memberikan suatu cara yang mudah, cepat, dan gratis untuk masyarakat di berbagai belahan dunia memeriksa kecepatan internetnya. Begitu Anda membuka situsnya yang beralamat di https://fast.comspeed test alias uji kecepatan terhadap koneksi internet yang dimanfaatkan segera berlangsung.

Ilustrasi speed test internet alias uji kecepatan internet.
 
FAST.com.

Secara default, hasil yang ditampilkan adalah hasil downlink/downstream yang memang biasanya paling penting. Namun, Anda bisa mengeklik [Show more info] untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Bila dilakukan, FAST.com akan menampilkan pula hasil pengujian dari latensi dan uplink/upstream. Seperti Speedtest by Ookla, FAST.com membolehkan Anda melakukan kustomisasi pengujian, tetapi pengaturan yang tersedia tentu berbeda. Kustomisasi ini bisa dilakukan dengan mengeklik [Settings] dan melakukan pengubahan di sana.

Sumberinfokomputer.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm