Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia
Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia ( (Shutterstock) )

Kemenkes Sebut Kasus Covid-19 Naik 6-8 Kali Lipat Dibanding Desember-Januari

8 Juli 2021 10:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, kasus Covid-19 meningkat signifikan 6-8 kali lipat daripada lonjakan kasus Covid-19 yang pernah terjadi pada Desember-Januari lalu.

"Kita lihat grafik kita bandingkan dengan Desember-Januari ini peningkatan yang luar biasa, dan peningkatan ini 6-8 kali lipat dibandingkan situasi Desember-Januari," ucap Nadia dalam diskusi secara virtual, Rabu (7/7/2021).

Nadia mengungkapkan, per 6 Juli 2021 terdapat 10 provinsi menjadi penyumbang kasus Covid-19 tertinggi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta, Banten, Riau, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, dan Sumatera Barat.


"Ini jadi perhatian kita mengingat merupakan penyumbang kasus yang tertinggi per kemarin (6/7/2021)," kata dia.


Kemudian, apa yang menjadi penyebab peningkatan kasus? Nadia menyebutkan, pihaknya sudah memantau sejak bulan Ramadhan terjadi peningkatan mobilitas diiringi dengan kendornya masyarakat menerapkan protokol kesehatan.


Oleh sebab itu, saat muncul klaster Covid-19 dari aktivitas selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2022. "Ditambah lagi dengan adanya kerumunan pada tempat-tempat wisata ini yang kemudian menjadi sumbangan kita merasakan peningkatan kasus yang luar biasa," ujar dia.


Tak hanya itu, Nadia menyampaikan, lonjakan kasus Covid-19 juga dipengaruhi penularan variant of concern (VoC) yaitu varian delta, alpha, dan beta. Kini, ada 436 kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan varian delta.

Padahal, dia mengatakan varian tersebut baru ditemukan pertama kali di Indonesia pada April, tetapi mendominasi kasus Covid-19 dibandingkan varian alpha dan beta "Kalau kita bandingkan varian Inggris dan Afsel sudah dari Januari tetapi jumlahnya tidak terlalu besar," tambahnya.


Berdasarkan hal itu, Nadia meminta masyarakat memperketat protokol kesehatan dan melindungi anak dari penularan virus serta mengikuti program vaksinasi.

"Jadi tetap di masa pandemi ini selalu diingatkan walaupun sudah divaksin, prokes harus tetap diperketat dan disiplin, tidak boleh kendor," lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes: Kasus Covid-19 Meningkat 6-8 Kali Lipat Dibanding Desember-Januari", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/07/08/07041001/kemenkes-kasus-covid-19-meningkat-6-8-kali-lipat-dibanding-desember-januari.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm