YouTube Shorts kini bisa dirasakan masyarakat Indonesia.
YouTube Shorts kini bisa dirasakan masyarakat Indonesia. ( Prambors Online)

YouTube Shorts Sudah Bisa Digunakan di Indonesia, Begini Cara Buatnya!

15 Juli 2021 15:56 WIB

SonoraBangka.ID

Sebelum Reels resmi diluncurkan di Indonesia, YouTube juga telah membuka versi beta YouTube Shorts untuk India akhir tahun lalu.

Pada awal 2021, YouTube juga telah menambahkan 26 negara termasuk Amerika Serikat (AS) dan Inggris untuk melakukan uji coba Shorts. 

Kini, Shorts bisa dirasakan oleh 100 negara lain termasuk Indonesia.

Melansir unggahan akun YouTube Creators, Shorts sendiri merupakan aplikasi berbasis video terbaru yang dinobatkan untuk pengguna smartphone.

Tak jauh berbeda dengan TikTok, Shorts sendiri akan menampilkan video vertikal atau portrait dengan pilihan durasi 15 detik atau 60 detik.

Nantinya, Shorts akan tergabung dalam aplikasi YouTube dan memiliki laman sendiri. Sehingga, tentunya pengalaman menonton kamu tidak akan terganggu. Selain itu, hanya pengguna yang sering melihat Shorts lah yang nantinya akan mendapatkan notifikasi dari Shorts itu sendiri.

Bagaimana cara membuat video di Shorts?

  1. Buka aplikasi YouTube, dan klik tanda + pada ikon yang terletak di bagian bawah
  2. Klik "Create a Short"
  3. Jika ingin membuat video dengan durasi lebih dari 15 detik, klik angka "15" yang terletak di atas tombol rekam
  4. Kamu bisa menambahkan musik dengan klik "Add Music" atau mengatur kecepatan video dengan klik "Speed" serta menambahkan filter
  5. Ketuk "Timer" jika kamu ingin menyetel hitung mundur atau memilih waktu agar perekaman bisa berhenti secara otomatis nantinya
  6. Rekam video secara langsung dengan menahan lingkaran berwarna merah di bagian bawah atau bisa juga ketuk sekali untuk merekam kemudian ketuk kembali untuk memberhentikan rekaman
  7. Ketuk tanda urungkan untuk menghapus klip video yang telah kamu rekam sebelumnya, atau ketuk ulangi untuk menambahkannya kembali.
  8. Jika kamu ingin langsung menggunakan video yang tersedia dalam galeri kamu, cukup klik ikon Galeri di sisi kiri bawah
  9. Setelah selesai merekam, kamu bisa menambahkan musik jika belum, dan aturlah bagian musik yang sesuai keinginan
  10. Atur Volume untuk mengatur besar kecil suara pada video
  11. Selanjutnya, kamu bisa menggabungkan lebih dari dua teks bersamaan, dengan fitur Linimasa atau "Timeline"
  12. Cantumkan judul video yang menarik dan tambahkan tagar #Shorts agar video kamu mudah ditemukan orang lain
  13. Setelah berhasil mengunggah, video Shorts akan muncul pada akun YouTube kamu

Melansir kumparan.com, Shorts saat ini masih dalam versi beta dan belum memiliki filter dan efek yang banyak seperti TikTok. Namun, tak menutup kemungkinan Shorts akan menghadirkan beragam opsi terbarunya di masa depan.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm