Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik (Kompas.com/Donny)
Fungsi karet hitam di bagian bawah CVT skutik (Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

Sering Disepelekan, ini Fungsi Karet Hitam Yang Terletak di Bagian Bawah CVT Skutik

15 Juli 2021 19:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan skuter matik (skutik) karena dinilai praktis. Tapi, tak banyak yang benar-benar mengenali komponen pada motornya.

Salah satunya yang kerap disepelekan adalah karet hitam yang terletak di bagian bawah CVT skutik. Karet ini sebenarnya punya fungsi yang cukup penting.

Kepala Bengkel AHASS Cibinong dan Megamendung Asep Suherman, mengatakan, karet hitam tersebut fungsinya hanya sebagai lubang pernapasan untuk CVT.

"Fungsinya karet tersebut juga untuk menahan air masuk ke bagian CVT di saat melewati genangan air," ujar Asep, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Asep menambahkan, saat mesin dihidupkan, apalagi pada saat putaran tinggi, maka angin yang dihasilkan oleh putaran CVT akan keluar bersamaan kotoran atau debu dari CVT.

"Sebenarnya, itu tidak rapat di ujungnya. Ujungnya sobek, tapi berbentuk pipih. Jadi, bisa terbuka saat ada tekanan angin dari dalam CVT," kata Asep.

Agar lubang hawa pernapasan ini tetap dapat bekerja secara optimal, maka penting untuk dilakukan pemeriksaan dan pembersihan secara rutin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Disepelekan, ini Fungsi Karet Hitam di Bagian Bawah CVT Skutik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/15/170100715/sering-disepelekan-ini-fungsi-karet-hitam-di-bagian-bawah-cvt-skutik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm