Mangkuk ayam jago di rumah batik Liem Ping Wie, Pekalongan.
Mangkuk ayam jago di rumah batik Liem Ping Wie, Pekalongan. ( HAI Online)

Ada di Mana-mana, Begini Asal-Usul Mangkuk Ayam Jago Khas Tukang Bakso & Mie Ayam

16 Juli 2021 13:51 WIB

SonoraBangka.ID

Buat penggemar makanan berkuah macam mie ayam ataupun bakso, kayaknya nggak bakal asing sama mangkuk bergambar ayam jago.

Yap! Buat generasi yang tumbuh di era 70 dan 80-an pastinya familiar dengan keberadaan mangkok ini. Bagi mereka, mangkuk ayam jago bisa lekat banget sama pengalaman menyantap bakso di warung favorit maupun pinggir jalan.

Uniknya, di masa sekarang, gambar ayam jago legendaris justru banyak jadi inspirasi di sejumlah medium kreatif.

Tentu lo tau, banyak produk-produk kekinian khas anak muda seperti tas, kaos, topi, selendang, sarung bantal hingga selampai mengusung desain mangkuk ayam jago ini.

Penggemarnya pun tak kalah heboh. Mereka menunjukkan rasa bangganya dengan melakukan swafoto bersama barang-barang bergambar ayam jago.

Ada pula beberapa produsen alat makan yang memproduksi varian mangkuk dan piring bergambar sang ayam jago.

Melihat hal itu, produsen asli mangkuk ayam jago mengimbau agar pengusaha lain tidak menggunakan desain gambar yang sama. Ini terkait dengan hak cipta perusahaan dari PT Lucky Indah Keramik.

Kisah si mangkuk ayam jago

Di negara asalnya, Tiongkok, mangkuk ini tidak hanya tenar sebagai perangkat makan sehari-hari. Ia juga terkenal karena sering menjadi properti di film-film Hong Kong karya Stephen Chow pada tahun 90-an.

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm