Komponen power steering hidrolik. (Ghulam/Otomania)
Komponen power steering hidrolik. (Ghulam/Otomania) ( kompas.com)

Cara Untuk Dapat Mengetahui Kerusakan Power Steering Mobil

18 Juli 2021 18:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Power steering merupakan salah satu komponen dalam mobil yang sistem kerjanya dapat memudahkan pengemudi untuk memutar kemudi mobil.

Dengan bantuan power steering, kemudi akan lebih ringan bila dibandingkan dengan mobil yang belum menggunakan power steering.

Fitur power steering sudah banyak digunakan oleh mobil keluaran terbaru. Power steering secara umum terdiri dari dua jenis, yaitu tipe hidraulis dan elektrikal.

Komponen ini juga punya batas usia pakai, terutama seiring dengan waktu pemakaiannya.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi, mengatakan, untuk dapat mengetahui power steering sedang bermasalah atau tidak, dapat dideteksi dengan menggerakkan kemudi.

"Jadi kan ada dua sistem, yang masih pakai fluida (Hidrolik) dan yang menggunakan sistem elektrik power steering (EPS). Kalau yang EPS itu biasanya ada bunyi-bunyi pada saat setir dibelokkan karena ada gir yang aus," kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Sedangkan untuk power steering yang menggunakan fluida atau hidrolik, karena menggunakan cairan untuk membantu kerja power steering, ada kemungkinan untuk rawan bocor.

"Bisa diperiksa di bagian seal yang bisa saja aus karena usia atau pemakaiannya. Ada dua kemungkinan kebocoran yang terjadi, yang pertama itu di bagian setir bawah atau biasa disebut rack steer. Ada juga yang di pompanya," ucap Didi.

Selain itu, pengecekan juga dapat dirasakan ketika memutar kemudi mobil. Bila sudah terasa lebih berat dari biasanya, ada kemungkinan power steering mengalami kerusakan walaupun masih dapat digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mengetahui Kerusakan Power Steering Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/18/084100215/cara-mengetahui-kerusakan-power-steering-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm