Jin BTS
Jin BTS ( TRIBUNNEWS.com/Fauzi Nur Alamsyah)

Lagu Solo Jin BTS "Epiphany" di Puji Kritikus Musik Kim Doheon

19 Juli 2021 09:28 WIB

SonoraBangka.ID - Kritikus musik professional Korea Selatan, Kim Doheon telah mengumumkan Top 5 dari lagu-lagu BTS terbaik sepanjang masa.

Dalam peringkat terbaiknya itu, posisi ke empat ditempati lagu solo Jin "Epiphany."

Ia menyebut penampilan Jin membuat anggota BTS lainnya menjadi memukau walaupun awalnya penampilan Jin dipenuhi dengan keraguan.

"Bagian dari karisma Jin adalah dia membantu membuat anggota BTS lainnya bersinar. Pada awalnya dia bernyanyi tentang ketidakpastian dan keraguan dalam dirinya sendiri," ucap Doheon Kim, dikutip Tribunnews dari allkpop Sabtu (17/7/2021).

Kim Doheon yang bekerja sebagai kritikus musik untuk majalah bergengsi IZE, memilih Seokjin dengan “Epiphany” sebagai #4 dalam daftar Top 5 lagu BTS.

Dia juga mengatakan vokal Jin di lagu “TTU (The Truth Untold)” serta “Don't Leave Me” luar biasa. Selain itu, Doheon Kim menyebutkan lagu yang ditulis sendiri oleh Jin dengan judul "Abyss", merupakan lagu favoritnya.

Jin dan lagu solonya "Epiphany" juga membuat langkah pertama dalam membawa kesadaran besar pada topik "Self-Love" di Korea Selatan.

Sebagai lagu solo, Jin memiliki ciri khasnya sendiri. Mulai dari vocal suara yang unik, penyampaian emosional, pesan filosofis yanh membuat karya solo Jin sangat populer.

"Epiphany" memperoleh lebih dari 130 juta streaming di Spotify meskipun hampir menjadi lagu terakhir dalam album. Jin adalah anggota BTS ke-2 yang paling banyak di-streaming di semua platform Korea.

Lagu "Epiphany" juga dikenal sebagai satu-satunya panggung solo BTS yang menjadi alasan kehebohan besar setiap kali ditampilkan secara langsung.

“Epiphany” rilis pada 9 Agustus 2018 lalu dan video musiknya sudah disaksikan sebanyak hampir 92 juta kali melalui channel Youtube, Hybe Labels.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kritikus Musik Kim Doheon Puji Lagu Solo Jin BTS "Epiphany", https://www.tribunnews.com/seleb/2021/07/17/kritikus-musik-kim-doheon-puji-lagu-solo-jin-bts-epiphany.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm