Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda)
Ilustrasi menyalakan atau starter mobil menggunakan anak kunci.(KompasOtomotif-Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Bukan Cuma Aki, Ini Kemungkinan Lain Mesin Mobil Sulit Nyala

20 Juli 2021 18:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Saat mesin mobil sulit untuk distarter atau dinyalakan, aki jadi komponen yang sering dikambinghitamkan. Padahal selain aki, masih ada komponen lain yang berperan dalam proses menstarter mesin mobil.

Dengan perawatan yang benar dan pemakaian wajar, aki mobil memiliki usia pakai hingga lebih dari satu tahun. 

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa aki memang bisa jadi salah satu penyebab saat mobil susah distarter, namun bukan satu-satunya alasan.

“Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti dari pengapian hingga ketersediaan bahan bakarnya,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apabila penyebabnya ada pada pengapian, Didi mengungkapkan bisa saja dari kondisi businya yang sudah tidak layak pakai dan harus segera diganti.

“Untuk usia pemakaian busi yang tipe biasa berkisar 20.000 kilometer, kalau yang tipe iridium bisa lebih lama sampai 100.000 kilometer," katanya lebih lanjut.

Selain busi, penyebab lain mobil sulit distarter bisa juga dari kondisi koil ataupun masalah pada perangkat Electronic Control Unit (ECU) mobil.

“Selain busi, koilnya juga bisa atau bahkan ECUnya juga bisa menjadi penyebab mobil susah hidup. Jadi harus dilakukan pengecekan untuk memastikan penyebabnya secara pasti,” ungkap Didi.

Pada kesempatan yang lain, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan bahwa mobil susah distarter bisa juga disebabkan oleh dinamo starter atau dinamo ampere.

Ia menjelaskan apabila dinamo ampere rusak, maka akan berdampak pada suplai daya ke aki jadi tidak maksimal meskipun aki masih dalam kondisi bagus. Kalau dibiarkan, aki lama-lama akan ikut rusak juga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan Cuma Aki, Ini Kemungkinan Lain Mesin Mobil Susah Nyala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/20/091200515/bukan-cuma-aki-ini-kemungkinan-lain-mesin-mobil-susah-nyala.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm