Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap sistem rujukan terintegrasi (SISRUTE) di Ruang OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Kamis (22/7/2021).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap sistem rujukan terintegrasi (SISRUTE) di Ruang OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Kamis (22/7/2021). ( Diskominfotik Bangka)

Pemkab Bangka Gelar Monitoring dan Evaluasi Sistem Rujukan Terintegrasi

23 Juli 2021 09:54 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap sistem rujukan terintegrasi (SISRUTE) di Ruang OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Kamis (22/7/2021).

Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) tersebut bertujuan untuk menilai kinerja serta memperpaiki kekurangan dari sistem rujukan terintegrasi khsusunya di bidang kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka, Mulkan mengatajan sistem rujuan terintegrasi merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang mudah bagi masyarakat.

Dengan begitu, masyarakat dapat dengan mudah dalam mengakses layanan kesehatan.

"Sistem ini merupakan sistem layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi indormasi. Dengan adanya sistem ini bertujuan memberikan suatu kemudahan serta terarah yang pada akhirnya meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan," kata Mulkan.

Sistem pelayanan terpadu sendiri dilaksanakan di setiap puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kabupaten Bangka.

Sehingga akan mempermudah dalam proses rujukan ataupun indentifikasi pasien yang berobat dari puskesmas ke rumah sakit.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Then Suyanti mengungkapkan, sistem layanan terintegrasi di Kabupaten Bangka telah dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu. Hingga kini sistem tersebut selalu ditingkatkan dan diperbaiki segala kekurangannya.

"Hingga saat ini belum adanya kendala ataupun kesulitan dalam menjalankan sistem rujukan terintegrasi. Hanya saja disejumlah titik layanan koneksi internet yang cukup lemah dan hal tersebut masih dapat teratasi," tutur Then.

Selain itu, Kabupaten Bangka juga telah memilki Mall Administrasi Pelayanan Kesehatan Terpadu atau disingkat Mall Si Pandu yang memberikan pelayanan surat keterangan serta pelayanan administrasi lainnya.

Mall Si Pandu tersebut kedepannya akan berkolaborasi dengan instansi lainnya guna memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat.

SumberDiskominfotik Bangka
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm