( Ist)

Kunjungi Balai Benih Pertanian, Ini Yang Disampaikan Anggota Komisi II DPRD Babel

23 Juli 2021 10:37 WIB

SonoraBangka.id - Anggota komisi II DPRD Bangka Belitung Mansah berharap Balai benih pertanian dapat menjadi awal sebuah batu loncatan, pasalnya, balai benih dapat dijadikan sebagai tempat edukasi dan tempat pengembangan pembibitan unggul di Provinsi Babel.
 
"Kita ingin desain swasembada pangan dan swasembada daging, mendengar dari paparan teman-teman disini, memang kita serba kekurangan terutama terkait masalah anggaran, kami belum melihat fokus dari dinas pertanian untuk ke balai benih ini", ungkap Mansah saat mengunjungi UPTD Balai Benih Pertanian dinas pertanian dan ketahanan pangan Provinsi Babel, kamis (22/07/2021).
 
Dikatakannya, Beberapa bulan yang lalu Komisi II telah melakukan rapat koordinasi dengan dinas pertanian, bahwa fokus di tahun 2022, komisi II ingin menjadi batu loncatan terhadap dua hal yakni swasembada pangan dan swasembada daging.
 
 
"Babel memiliki potensi yang mumpuni di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan,"ujarnya.
 
Politisi Nasdem ini menyarankan adanya penambahan personil di balai benih pertanian, sehingga dengan adanya penambahan personil atau pegawai yang handal dan mengerti tentang pertanian dan peternakan di balai benih, maka swasembada pangan dan daging di provinsi Babel akan lebih mudah terwujud.
 
"Saya berharap balai benih pertanian dapat menjadi kebanggaan masyarakat dan bisa membangkitkan perekonomian dan kemakmuran masyarakat bangka belitung, jadi dinas pertanian itu anggarannya harus fokus disini, karena disinilah tempat bermulanya swasembada. Mudah-mudahan masyarakat dapat melihat dan bisa bangga dengan balai benih ini,"pungkasnya.
 
Sementara anggota komisi II, Warkamni juga berharap, Balai benih pertanian dapat menjadi contoh bagi para petani, sehingga petani bisa mendapatkan bibit yang unggul dan mendapatkan ilmu tentang cara perawatan tanaman dan program pelatihan kepada para petani di bangka belitung.
 
"karena temuan yang kami dapat dilapangan adanya sumber pembibitan liar sehingga banyak yang tidak berbuah, sayang sekali kalau seperti itu. Alangkah bagusnya dari balai benih ini yang menyalurkan bibit-bibit dan cara perawatannya juga,"ujarnya.

SumberHumas DPRD Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm