Yamaha YZF-R7 (Dok. eppbchannel.com)
Yamaha YZF-R7 (Dok. eppbchannel.com) ( kompas.com)

Sudah Tahu Arti Penamaan Untuk Motor dari CBR, YZF, KLX, dan GSX

23 Juli 2021 19:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing pabrikan punya nama tersendiri untuk sepeda motornya. Banyak di antaranya yang menggunakan kode huruf atau singkatan, seperti CBR, YZF, GSX, dan lainnya.

Dikutip dari Rideapart.com, Kamis (22/7/2021), Honda banyak menggunakan kode CB dan CBR pada motornya. CB sendiri adalah singkatan dari City Bike dan CBR adalah City Bike Racer.

Dari penamaan tersebut sudah jelas Honda CB series adalah motor untuk perkotaan atau harian dan CBR adalah motor harian yang punya performa seperti motor balap.

Honda juga punya VTR yang merupakan singkatan dari V-Twin Racing dan VFR yang diambil dari Vee Four Racer.

Penggunaan singkatan juga digunakan oleh Yamaha dan yang paling banyak dikenal adalah nama YZF yang disematkan pada R series, seperti YZF-R25, YZF-R3, YZF-R6, dan YZF-R1.

YZF sendiri merupakan kependekan dari Yamaha Zinger Fourstroke. Artinya, motor Yamaha bermesin 4-tak. Sementara untuk MT series, diambil dari Master of Torque.

Suzuki juga terkenal dengan GSX series, baik itu GSX-R series atau GSX-S series. Singkatan dari GSX sendiri adalah Grand Sport eXperimental.

Kode R pada GSX-R diambil dari Racing. Sedangkan kode S pada GSX-S, diambil dari Street Sport.

Sedangkan untuk motor trail Kawasaki, banyak yang menggunakan nama KLX. Nama tersebut ternyata adalah singkatan dari Kawasaki Light Cross.

Selain pabrikan Jepang, penggunaan singkatan juga dipakai oleh pabrikan Eropa, seperti Aprilia dengan RSV series. RSV adalah singkatan dari Racing Series V-twin.

Selain nama-nama tersebut, ada juga kode lainnya yang sering digunakan, seperti RR. Kode RR bisa berarti Race Replica atau Race Ready.

Tidak hanya pada nama-nama motornya saja, beberapa pabrikan juga menggunakan singkatan, seperti MV (Meccanica Verghera) Agusta, KTM (Kraftfahrzeuge Trunkenpolz Mattighofen), BMW (Bayerische Motoren Werke atau Bavarian Motor Works), Bimota (Bianchi Morri Tamburini), dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Tahu Arti Penamaan Motor dari CBR, YZF, KLX, dan GSX", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/23/110200215/sudah-tahu-arti-penamaan-motor-dari-cbr-yzf-klx-dan-gsx.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm