Transmisi manual Wuling Confero. (Istimewa)
Transmisi manual Wuling Confero. (Istimewa) ( kompas.com)

Sering Disepelekan, Cara Ini Bisa Bikin Tranmsisi Cepat Rusak

29 Juli 2021 17:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Pada saat hendak melakukan parkir, pengemudi pasti akan menggunakan gigi mundur yang umumnya ditandai dengan huruf R pada tuas transmisi.

Tapi, nyatanya masih banyak pengemudi yang melakukan kesalahan dalam pengoperasiannya.

Salah satunya adalah saat mengoper gigi mundur, banyak dari pengemudi yang tidak menunggu mobil hingga berhenti terlebih dahulu. Seringkali mereka langsung memindahkan tuas transmisi ke posisi R saat mobil masih sedikit bergerak maju.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, cara tersebut memang bisa merusak transmisi, baik pada mobil transmisi manual maupun transmisi matik.

Sebab, secara desain gigi mundur hanya menggunakan counter gear tanpa synchromesh seperti gigi maju.

“Jadi saat ingin mengoper gigi mundur atau R pada mobil harus dalam keadaan diam terlebih dahulu,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (28/7/2021).

Menurut Didi, bila mobil tidak berhenti terlebih dahulu biasanya akan berdampak pada sulitnya masuk gigi atau muncul bunyi kasar akibat momen perpindahan gigi yang tidak sesuai.

“Sama halnya dengan mobil manual, transmisi pada mobil matik juga punya pembalik putaran yang bekerja. Kalau diabaikan, usai transmisi mobil bisa cepat aus dan lebih pendek,” kata dia.

Maka dari itu, meski terlihat sepele kebiasaan buruk seperti ini sebaiknya dihindari oleh pemilik kendaraan.

“Pastikan kendaraan berhenti terlebih dahulu baru melakukan oper gigi mundur agar umur transmisi bisa awet,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Disepelekan, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Tranmsisi Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/28/185100615/sering-disepelekan-kebiasaan-ini-bisa-bikin-tranmsisi-cepat-rusak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm