Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK )

Benarkah Belanja tanpa "Budgeting" Lebih Hemat? Ini Penjelasannya

1 Agustus 2021 17:14 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini, sejumlah studi menemukan beberapa konsep mengenai pengelolaan keuangan yang patut Anda pikir ulang.

Salah satunya adalah anggapan bahwa budgeting sebagai jalan aman mengatur keuangan.

Ya, walaupun paling dianggap logis, sebenarnya budgeting atau pengelolaan keuangan lainnya masih jadi perdebatan.

 

Sebuah studi oleh Brigham Young University dan Emory University menunjukkan bahwa ternyata konsumen yang berbelanja tanpa budget justru lebih hemat hingga 50 persen.

Sederhananya seperti ini, ketika Anda menetapkan ingin membeli televisi dengan harga tak lebih dari Rp 10 juta, ternyata di pasaran ada televisi yang harganya di bawah Rp 8 juta.

Bukankah lebih baik kemudian menetapkan ingin membeli televisi seukuran 42 inci daripada menetapkan membeli televisi senilai Rp 10 juta?

Jeff Larson, asisten profesor dari Brigham Young menuturkan, kebiasaan menentukan harga pada satu item seringkali tidak membuat hemat tetapi justru melampaui batas budget.

Untuk contoh pembelian televisi ini, mengapa tidak memilih berdasarkan fitur-fiturnya, dana malah menentukan harga lebih dulu?

Menetapkan budget dinilai akan membatasi pilihan dan tidak lebih leluasa memilih.

Selain mengenai budgeting, ada juga beberapa konsep pengelolaan keuangan lain yang tidak sepenuhnya benar, seperti:

1. Pendapatan yang besar akan membuat hidup lebih sejahtera.

"Semakin banyak pendapatan, seseorang biasanya juga akan memiliki lebih banyak kebutuhan dan pengeluaran," ujar Stephen Goldbart, penulis buku Affluence Intelligence.

Menurutnya orang-orang yang berpenghasilan besar seringkali merasa bisa mendapatkan apa yang selama ini mereka inginkan, tanpa berpikir ulang berapa persentase yang potensial mereka habiskan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm