Ilustrasi
Ilustrasi ( www.starproperty.my )

Apa Perbedaan antara Hobi Mengoleksi dan Menimbun Barang, Mau Tahu ?

1 Agustus 2021 17:38 WIB

SonoraBangka.id - Seiring dengan berjalannya waktu, tumbuh kembang anak juga akan bertambah, beberapa kebiasaan menarik pun ikut tumbuh.

Beberapa dari kebiasaan itu bisa agak menyebalkan, misalkan saja suka melawan, atau menimbun barang.

Hobi menimbun barang bisa terjadi bersamaan dengan gangguan obsesif-kompulsif dan bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya ada anggota keluarga yang juga mengalami gangguan ini.

Lantas, apa yang bisa dilakukan orangtua jika anak senang menimbun barang? Simak ulasannya.

Menurut Psychology Today, banyak anak mulai mengoleksi benda sejak di usia muda.

Lihat saja, banyak anak-anak mengoleksi boneka atau mobil mainan karena mereka senang memainkan, mengatur, dan memilah-milah koleksinya dalam kategori berbeda.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan hobi ini. Bahkan faktanya, mengoleksi sesuatu adalah salah satu cara terbaik untuk membangun identitas anak.

Namun, ada perbedaan besar antara mengoleksi boneka dan anak yang mulai menimbun sejak dini.

Dalam beberapa kasus, anak yang hobi menimbun, tidak mengatur koleksinya dan merasa malu saat seseorang melihat atau menyentuh “koleksi” mereka.

Tak seperti anak yang terlihat tertarik pada beberapa barang spesifik dan mengoleksinya, anak yang hobi menimbun sejak dini tidak dapat mengatakan mengapa mereka melakukannya, mereka hanya tahu bahwa mereka “suka” melakukannya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm