Ilustrasi jantung pisang.
Ilustrasi jantung pisang. ( DOK.SHUTTERSTOCK/ARIEF BUDI KUSUMA)

Buat Lahap Makan, Berikut Cara Membuat Abon Jantung Pisang Pedas

4 Agustus 2021 20:44 WIB

SonoraBangka.id - Ada cara masak jantung pisang tanpa santan yang enak dan praktis. Resep abon jantung pisang ini memiliki cita rasa pedas yang cocok dinikmati kapan saja. Cara memasak jantung pisang menjadi abon ini praktis karena hanya tiga langkah masak saja. Bahan yang dibutuhkan juga biasanya ada di dapur rumah. Siapkan dulu dua kilogram jantung pisang. Cuci bersih dan kupas hingga bagian putihnya terlihat. Setelah itu, kamu bisa merendamnya dengan garam untuk menghilangkan getahnya. Selengkapnya, kamu bisa mengikuti resep abon jantung pisang pedas dari buku “100 Resep Masakan Indonesia Populer Ala Yongki Gunawan” (2015) oleh Yongki Gunawan terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep abon jantung pisang pedas  

Bahan A:

2.000 gram jantung pisang

Bahan B:

200 gram bawang merah 15 gram bawang putih 100 gram cabai merah 40 gram cabai rawit 20 gram kemiri 2 batang serai 20 gram terasi

Bahan C:

200 gram santan siap pakai 1.000 ml air 15 gram garam 10 gram bumbu masak 100 gram gula aren 3 lembar daun salam 50 gram lengkuas 100 gram cabai hijau, iris tipis

Bahan D:

125 minyak kelapa

Cara membuat abon jantung pisang pedas

  1. Siapkan jantung pisang yang sudah dibersihkan. Kupas jantung pisang hingga bagian kulitnya hampir putih. Belah tengah menjadi dua bagian, bakar di atas api hingga berwarna kecokelatan dan iris tipis.
  2. Haluskan semua bahan B dengan blender hingga halus benar dan tumis dengan bahan D hingga aromanya keluar. Masukkan jantung pisang ke dalam tumisan dan tumis hingga rata.
  3. Masukkan bahan C ke dalam tumisan dan biarkan mendidih. Matikan api kompor kalau airnya sisa setengah. Angkat dan sajikan.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Abon Jantung Pisang Pedas, Bikin Lahap Makan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/07/30/220300975/resep-abon-jantung-pisang-pedas-bikin-lahap-makan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm