Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada sesi latihan bebas MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (18/6/2021). (AFP/RONNY HARTMANN)
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, pada sesi latihan bebas MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (18/6/2021). (AFP/RONNY HARTMANN) ( kompas.com)

Marquez Mau Meraih Kemenangan Pertama di Sirkuit Red Bull Ring

5 Agustus 2021 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Pebalap Marc Marquez sudah meraih kemenangan di 21 sirkuit berbeda. Masih ada beberapa sirkuit yang belum ditaklukkannya dan salah satunya adalah Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Marquez berhasil jadi juara dunia MotoGP enam kali dari tujuh musim yang diikutinya, antara 2013 dan 2019. Total sudah ada 83 kemenangan diraihnya dan 57 di antaranya didapat di kelas MotoGP.

Namun, pebalap Repsol Honda Team tersebut masih belum bisa meraih kemenangan di Sirkuit Red Bull Ring. Sirkuit tersebut kembali menjadi tuan rumah MotoGP sejak 2016 lalu.

Pada 2016, Marquez finis di posisi kelima. Lalu, sejak 2017 hingga 2019, selalu berada di urutan kedua. Dia kalah dari Andrea Dovizioso pada 2017 dan 2019, sedangkan 2018 kalah dari Jorge Lorenzo.

Musim 2020, Marquez absen karena cedera patah tulang. Dia digantikan oleh test rider Honda, yakni Stefan Bradl.

"Sejujurnya, saya harus akui saya tidak tahu apa strategi balap terbaik untuk menang di Spielberg, saya tidak pernah melakukannya di sirkuit ini," ujar Marquez, dikutip dari Crash.net, Rabu (4/8/2021).

Walau demikian, Marquez mengaku menyukai trek tersebut. Menurutnya, sirkuit ini dikelilingi alam yang bagus, seperti Sirkuit Phillip Island, Australia.

"Ada tikungan besar dan Anda harus memahami setiap saat tikungan tersebut memiliki camber, atau saat memasuki tikungan yang menurun dan lalu menanjak saat keluar, perpindahan bobot pada motor cukup dapat dirasakan," kata Marquez.

Selain elevasi yang dimiliki sirkuit tersebut menarik menurut Marquez, salah satu yang menantang lainnya adalah soal ban dan konsumsi bahan bakar.

"Saya tidak punya ekspektasi tinggi. Saya hanya ingin melihat bagaimana saya merasakan dan apakah saya sudah meningkat dari segi sensasi, fisik, dan juga dengan tangan," ujar Marquez.

Walau demikian, Marquez mengaku dirinya merasa semakin membaik dengan motor di tiap serinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Marquez Incar Kemenangan Pertama di Sirkuit Red Bull Ring", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/05/094200915/marquez-incar-kemenangan-pertama-di-sirkuit-red-bull-ring.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm