( Ist)

Tingkatkan Potensi Anak Muda Babel, Pemprov Buka Peluang Hingga Ke Jerman

6 Agustus 2021 09:46 WIB

SonoraBangka.id - Sepuluh putra-putri terpilih asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berangkat ke Jerman setelah menyelesaikan program pembelajaran di Yayasan Esa Sinergi Ausbildung. Program ini mengundang anak-anak muda Babel untuk bergabung melanjutkan pendidikan, sekaligus bekerja di Jerman dengan mengedepankan para siswa di bidang teknik atau teknologi.

"Program vokasi ini bagus sekali dan jangan disia-siakan. Untuk itu, kita akan melakukan penjajakan terlebih dahulu atas tawaran kerjasama ini. Nantinya, pihak yayasan dapat bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bangka Belitung dengan didampingi oleh Dinas Pendidikan Babel. Pemprov Babel dalam hal ini akan mendukung penuh," ujar Gubernur.

Gubernur Erzaldi mengapresiasi perwakilan dua orang putri daerah asal Babel, Ella Cika Noviana (19th) kelahiran Penganak Jebus, dan Kesia (21th) kelahiran Sungailiat. Kedua putri daerah ini adalah perwakilan dari 10 orang anak Bangka yang menyempatkan diri untuk bertemu secara langsung dengan Gubernur Erzaldi. 10 orang ini berangkat ke Jerman pada awal Agustus 2021 ini.

"Berapa lama kamu ikut dalam program ini? Pekerjaan apa yang didapat di Jerman? Sudah tanda tangan kontrak? Gaji berapa? Berapa biaya hidup di sana?" tanya Gubernur.

Keduanya kemudian menjawab pertanyaan gubernur menggunakan bahasa Jerman dengan lancar. Yaitu, selama pandemi mereka telah belajar di yayasan selama dua tahun. Di Jerman, mereka akan ditempatkan di manajement restoran hotel bintang lima dan telah menandatangani kontrak kerja sejak bulan Februari 2021 lalu. Gaji yang akan diterima sebesar 800 euro, yang jika dirupiahkan sekitar Rp13.600.000 per bulan, dengan tidak menanggung biaya tinggal. Dalam artian, pihak hotel menanggung semua biaya. Kedua putri ini adalah siswa lulusan SMA Harapan Sungailiat dan SMK Karya Parit Tiga.

Penjelasan ini mengundang decak kagum Gubernur Erzaldi. Di usia muda, mereka telah berhasil membuktikan potensinya dan berkarya di negeri orang.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Babel, Muhammad Soleh mengatakan bahwa program ini merupakan peluang bagi siswa Babel kalau ingin melanjutkan kuliah ke Jerman melalui program kuliah sambil magang.

"Selain itu, program ini juga menjadi peluang bagi negara Asia agar bisa masuk Eropa melalui jalur pendidikan sekaligus bekerja," ujarnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm