ilustrasi
ilustrasi ( shutterstock )

Setelah Sembuh dari Covid-19, Jangan Lupa Ganti Sikat Gigi Segera !

6 Agustus 2021 13:29 WIB

SonoraBangka.id - Isolasi mandiri atau isoman, biasanya di sarankan bagi seseorang yang dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala ringan.

Pada umumnya, pasien isoman akan sembuh dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Setelah sembuh ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya mengganti sikat gigi.

Ahli bedah gigi dari Universitas Kedokteran Lady Hardinge India, Dr Pravesh Mehra menjelaskan, alat kebersihan mulut seperti sikat gigi dan pembersih lidah dapat menampung virus.

"Penderita Covid-19 setelah pulih pastikan untuk mengganti sikat gigi, pembersih lidah, dll. Barang-barang bekas penderita tersebut sebaiknya dibuang," ujarnya, dilansir Kompas.com.

Mengganti sikat gigi setelah sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2 dapat mencegah infeksi ulang Covid-19, serta melindungi orang lain yang menggunakan kamar mandi yang sama.

Perlu diketahui, Covid-19 menular lewat droplet saat penderita batuk, bersin, bicara, tertawa, dll. tanpa masker.

Begitu virus corona terlepas ke udara, virus tersebut dapat bertahan di udara selama beberapa saat dan menular ke orang lain yang tidak pakai masker.

Covid-19 juga rentan menular lewat sikat gigi dan pembersih lidah karena barang kebersihan mulut milik penderita tersebut kemungkinan memiliki konsentrasi virus corona SARS-CoV-2 yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, penggunaan barang-barang tersebut setelah sembuh dari Covid-19 dikhawatirkan bisa menyebabkan infeksi ulang atau menginfeksi orang lain yang menggunakan kamar mandi sama.

Selain itu, perlu diingat untuk tidak berbagi sikat gigi, terlebih saat masih positif Covid-19.

Jangan lupa juga bahwa sikat gigi harus dicuci dengan air bersih terlebih dahulu sebelum digunakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm