Ilustrasi apem di atas piring saji.
Ilustrasi apem di atas piring saji. ( SHUTTERSTOCK/RIZKI CHANDRA FEBIYANTO)

Berikut Ini Cara Membuat Apem Kukus Dengan Bahan Dasar Singkong

10 Agustus 2021 14:16 WIB

SonoraBangka.id - Punya stok singkong dalam jumlah banyak? Olah menjadi bahan dasar apem kukus yang empuk. Sebelumnya, singkong harus dicuci bersih dan diparut hingga halus. Lalu, campurkan dengan tape singkong dan bahan lainnya. Kamu bisa mengikuti resep apem singkong dari buku “Kue Kecil Gluten Free Dari Singkong” (2021) oleh Lilly T. Erwin terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Resep apem kukus ini bisa kamu coba buat untuk 25 buah apem lembut. Selain itu, resep kue apem kukus ini bisa jadikan ide jualan karena harga bahannya yang ekonomis.

Resep apem singkong

Bahan:

  • 500 gram singkong, kupas, cuci, dan parut
  • 100 gram tape singkong
  • 250 gram gula pasir
  • Kelapa parut secukupnya
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • Vanili bubuk secukupnya

Cara membuat apem singkong

  1. Campurkan singkong parut dengan tape lalu remas-remas.
  2. Tambahkan gula, garam, vanili bubuk, dan baking powder. Diamkan adonan selama lima jam. 3. Siapkan cetakan kecil-kecil. Tuang adonan apem kukus ke dalam cetakan. Kukus hingga matang.
  3. Hidangkan dengan parutan kelapa yang dibubuhi garam secukupnya.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Apem Kukus dengan Bahan Dasar Singkong", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/10/110300575/resep-apem-kukus-dengan-bahan-dasar-singkong.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm