Penumpang di kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta harus melalui 9 check point sebelum bisa leluasa memasuki wilayah Indonesia
Penumpang di kedatangan internasional Bandara Soekarno Hatta harus melalui 9 check point sebelum bisa leluasa memasuki wilayah Indonesia ( (Unsplash/Voo qqq) )

Berlaku Mulai Rabu ini, Penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta Boleh Pakai Tes Antigen, Asalkan ?

11 Agustus 2021 13:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini calon penumpang pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, bisa menggunakan tes negatif antigen sebagai syarat penerbangan ke wilayah se-Jawa Bali, mulai Rabu (11/8/2021).

Persyaratan itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 62 Tahun 2021.

Senior Manager of Branch Communication Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, calon penumpang yang diizinkan menggunakan tes negatif antigen adalah mereka yang telah menerima vaksin dosis lengkap/dosis kedua.


Sampel tes negatif antigen ini diambil maksimal satu hari sebelum jadwal keberangkatan pesawat.

"Untuk antar Kota/Kabupaten di dalam wilayah Jawa dan Bali, dokumen kesehatannya, kartu vaksin dosis kedua dan negatif rapid tes antigen, 1 x 24 jam sebelum keberangkatan," ujar Holik melalui pesan singkat.

Walau  telah diizinkan untuk menggunakan tes antigen, calon penumpang masih dapat menggunakan tes negatif PCR sebagai syarat penerbangan.


Mereka yang hendak menggunakan tes negatif PCR tak diharuskan memiliki surat vaksin dosis lengkap.


"Untuk antar kota/kabupaten di dalam wilayah Jawa dan Bali dokumen kesehatannya, kartu vaksin minimal dosis pertama dan negatif tes PCR 2 x 24," ucap Holik.

SE Kemenhub Nomor 62 Tahun 2021 itu menggantikan SE Kemenhub Nomor 57 Tahun 2021.

Dalam SE Kemenhub Nomor 57 tersebut tercantum bahwa penumpang pesawat wajib memiliki surat vaksin minimal dosis pertama dan surat negatif PCR yang sampelnya diambil dua hari sebelum keberangkatannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Rabu Ini, Penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta Boleh Pakai Tes Antigen asal Telah Divaksin Dosis 2", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/11/12333841/mulai-rabu-ini-penumpang-dari-bandara-soekarno-hatta-boleh-pakai-tes.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm