Ilustrasi
Ilustrasi ( uniquehow.com )

Bagaimana Cara Olahraga yang Efektif Untuk Turunkan Berat Badan?

14 Agustus 2021 14:54 WIB

SonoraBangka.id - Olahraga dipercaya menjadi kunci untuk memastikan berat badan kembali ideal, tentunya selain mengatur keseimbangan jumlah dan kandungan makanan dengan beragam jenis diet.

Namun, ternyata olahraga tidak bisa dilakukan sembarangan jika tujuan Anda adalah menurunkan berat badan. Mengutip dari jurnal berjudul Obesity, olahraga harus dilakukan dengan durasi 150 menit per minggu. 

Tidak hanya itu, jadwal olahraga pun harus teratur. Anda boleh memilih waktu olahraga di pagi atau malam hari, tetapi waktunya harus sama setiap harinya.

Dalam jurnal tersebut dipaparkan, oara peneliti mengamati 375 orang dewasa dalam kondisi sehat berhasil mempertahankan berat badan mereka dengan aktivitas fisik sedang hingga berat secara teratur.

Sebanyak 68 persen peserta berolahraga di waktu yang sama beberapa hari dalam seminggu. Sedangkan, peserta lainnya berolahraga di waktu berbeda-beda.

Hasilnya, orang yang berolahraga di waktu sama mencatat rata-rata 4,8 latihan per minggu. Angka itu lebih tinggi dibandingkan peserta yang melakukan olahraga di waktu bervariasi, dengan rata-rata 4,4 latihan per minggu.

Itu artinya, orang yang mematuhi jadwal konsisten bisa berolahraga lebih banyak dibandingkan orang yang waktu olahraganya acak.

Orang yang berolahraga pada waktu yang sama memperoleh 350 menit aktivitas fisik per minggu, dibandingkan orang yang memiliki waktu latihan bervariasi, dengan durasi total 285 menit.

Orang yang konsisten dalam jadwal berolahraga juga bisa memperpanjang waktu latihan mereka lebih banyak dibanding orang yang berolahraga di waktu berbeda.

Diduga, olahraga di jam yang sama memudahkan orang agar mau menyisihkan waktunya untuk berolahraga.

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, bagi Anda yang ingin berolahraga di luar ruangan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan 3M, mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Jadi, sudah siap untuk membentuk tubuh ideal ?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm