Ilustrasi donat khas Spanyol rosquillas.
Ilustrasi donat khas Spanyol rosquillas. ( Dok. Shutterstock/Mila Bond)

Tanpa Gunakan Ragi, Berikut Ini Cara Mmebuat Donat Cake Goreng

15 Agustus 2021 06:33 WIB

SonoraBangka.id - Donat cake atau cake donut berbeda dengan donat biasa karena tidak menggunakan ragi melainkan baking powder. Tekstur donat cake lebih padat daripada donat ragi. Cara membuat donat cake juga berbeda karena tidak memerlukan proofing. Adonan donat cake disimpan dalam kulkas sebelum diolah. Kamu dapat membuat donat cake untuk jualan atau camilan keluarga di rumah sesuai resep dari Taste of Home berikut.

Resep donat cake goreng

Bahan (24 buah)

  • 480 gram tepung serbaguna
  • 1 sdm baking powder
  • 2 sdm mentega tawar, taruh suhu ruang
  • 3 butir telur ukuran besar, suhu ruang
  • 3 sdt kayu manis bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/8 sdt pala bubuk
  • 200 gram gula bubuk
  • 180 ml susu cair
  • Minyak padat atau minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat donat cake goreng

  1. Kocok mentega dan 130 gram gula selama dua menit. Tambahkan telur satu per satu, kocok. Campur tepung, baking powder, dan satu sendok teh kayu bubuk manis, garam, dan pala.
  2. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan mentega. Tambahkan, aduk rata. Tutup adonan menggunakan lap bersih. Simpan di dalam kulkas selama dua jam. Siapkan meja, taburi tepung.
  3. Giling adonan sampai tebalnya sekitar setengah sentimeter. Potong adonan menggunakan pemotong donat.
  4. Panaskan minyak goreng sampai 190 derajat celsius di dalam wajan cekung. Goreng donat sampai coklat keemasan pada kedua sisi. Jangan goreng donat sekaligus, bertahap saja.
  5. Tiriskan donat di atas tisu makan. Campur sisa gula dan kayu manis bubuk. Gulingkan donat di atas gula dan kayu manis.

Tips menyimpan donat: bungkus donat menggunakan alumunium foil. Masukkan ke dalam wadah kedap udara. Simpan di dalam freezer, bisa awet sampai tiga bulan. Buka bungkus alumunium foil, cairkan di suhu ruang. Goreng kembali kalau perlu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Donat Cake Goreng, Kue Donat Tanpa Ragi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/14/161800975/resep-donat-cake-goreng-kue-donat-tanpa-ragi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm