Pemilik Ihwa Rias Pengantin, Rita Subaria menunjukan satu diantara koleksi busana baju adat Bangka Belitung Paksian yang persis dikirimkan ke Istana Negara
Pemilik Ihwa Rias Pengantin, Rita Subaria menunjukan satu diantara koleksi busana baju adat Bangka Belitung Paksian yang persis dikirimkan ke Istana Negara ( (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita). )

Melati Siapkan Baju Adat Paksian Khas Bangka Belitung untuk Dikenakan Presiden Jokowi

16 Agustus 2021 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Ibu Melati Erzaldi dengan cermat dan teliti saat mempersiapkan baju adat Bangka Belitung yang akan dikirimkan ke Istana Negara di Jakarta.

Tahun ini, pakaian adat Bangka Belitung menjadi salah satu pilihan busana yang akan dikenakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Seperti biasanya, setiap memperingati hari kemerdekaan RI, Jokowi akan mengenakan baju adat dari salah satu daerah provinsi di Indonesia.

"Jadi untuk pakaian adat pak Jokowi yang biasa dipakai setiap tanggal 17 Agustus, memang kita dari Bangka Belitung diminta untuk mengirimkan baju adat Bangka Belitung.

Alhamdulilah Babel masuk dalam pilihan tersebut, kita sama-sama berdoa saja, tanggal 17 Agustus besok pak jokowi memakai baju adat Babel," ucap Melati saat dikonfirmasi bangkapos.com, Senin (16/8/2021).

Baju adat ini telah dikirimkan beberapa hari yang lalu, tepatnya pada hari Kamis, (12/8/2021) lalu sudah tiba di Istana Negara.

Awalnya, istri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman ini dihubungi oleh Sekretaris Pribadi Presiden Republik Indonesia  terkait permintaan dikirimkan baju adat khas Bangka Belitung.

"Ini merupakan permintaan beliau lewat sekretaris pribadinya, berkomunikasi langsung dengan saya dan saya langsung mengerahkan teman-teman Deskranasda untuk bisa memenuhi, apakah kita mampu menyiapkan baju adat Babel yang masih baru untuk dipakai pak Jokowi," ucap wanita yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Belitung ini.

Akan tetapi, diingatkannya bahwa pakaian yang dikirimkan ini baru menjadi pilihan sebab ada daerah lain yang biasanya ikut mengirimkan sesuai dengan permintaan.

"Sekretaris pribadi beliau juga bilang bahwa ini akan menjadi pilihan, setiap 17 Agustus 2021 itu ada beberapa daerah yang baju adatnya dipilih untuk menjadi pilihan pak presiden, mana yang akan dipakai dan senyamannya beliau,"ujar Melati.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm