Ahmad Dhani tunjukan koleksi gelas kepada Venna Melinda.
Ahmad Dhani tunjukan koleksi gelas kepada Venna Melinda. ( (Bidikan layar YouTube Video Legend))

Ahmad Dhani Punya Koleksi Barang Antik, Gelas Tahun 1920-an Sampai Tempat Sayur

18 Agustus 2021 11:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Jiwa seni dari pentolan band Dewa 19, Ahmad Dhani, tidak hanya disalurkan lewat musik. Ia rupanya juga mengoleksi banyak barang antik yang diproduksi hampir satu abad lalu.

Semua koleksinya itu tersimpan rapi di kediamannya yang disebut dengan Rumah Mataram, di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.


Gelas tahun 1920-an

Menuju bagian dalam rumah Ahmad Dhani tertata rapi gelas-gelas kecil.

“Iya aku tuh suka koleksi (gelas). Ini aku (yang beli) yang nata juga aku. Aku suka saja ini bagian dari seni, enggak gampang menata ini,” ujar Ahmad Dhani dikutip Kompas.com dalam kanal YouTube Video Legend, Selasa (17/8/2021). Ahmad Dhani mengatakan, gelas-gelas itu produksi tahun 1920-an.


“Ini gelas-gelas tahun 1920an, dulunya di sini gelas-gelas zaman itulah,” kata Dhani. Ia juga mengaku suka mengoleksi foto-foto raja, seperti foto Pakubuwono VIII tahun 1800.

Panci hingga tempat sayur

Tidak hanya gelas dan foto, suami Mulan Jameela ini juga memiliki panci dan tempat sayur antik yang tersimpan di dalam sebuah lemari.


Menurutnya, dari dulu ia senang mengoleksi panci dan tempat sayur.
Bahkan, ia kecewa dengan produk panci dan tempat sayur zaman sekarang yang dianggapnya kurang bagus. “Jadi begini, aku kan memang ibu rumah tangga dari dulu kan.

Iya semua aku (yang nata), emang aku ibu rumah tangga, enggak tahu kenapa memang udah begitu ya,”ucap Ahmad Dhani.

“Jadi aku beli-beli di mall itu kecewa karena enggak ada yang sebagus zaman dulu. Kalau kamu sering beli yang di mall dan mahal-mahal itu, enggak mungkin sebagus ini, motifnya, alusnya, printingnya,” kata Ahmad Dhani.

Walaupun barang koleksinya bisa dihargai dengan harga selangit, Ahmad Dhani berujar tidak akan menjualnya sekalipun ada yang mau membeli.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahmad Dhani Koleksi Barang Antik, Gelas Tahun 1920-an hingga Tempat Sayur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/18/111958966/ahmad-dhani-koleksi-barang-antik-gelas-tahun-1920-an-hingga-tempat-sayur?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm