Ilustrasi onsen egg di atas udon.
Ilustrasi onsen egg di atas udon. ( WIKIMEDIA COMMONS/CORPSE REVIVER)

Cara Memuat Onsen Egg, Telur Rebus Setengah Matang Khas Jepang

18 Agustus 2021 14:18 WIB

SonoraBangka.id - Onsen egg adalah telur yang direbus di onsen atau sumber mata air panas di Jepang. Ciri khas onsen egg yaitu teksturnya lembut seperti puding karena direbus setengah matang. Kamu dapat membuat onsen egg di rumah bermodalkan panci dan termometer. Onsen egg biasanya disajikan bersama kuah kaldu kecap asin atau dashi. Sontek resep onsen egg sederhana mengutip Serious Eats berikut.

Resep onsen egg

Bahan

  • 4 butir telur

Bahan kaldu

  • 180 ml dashi atau kaldu dashi instan (bisa diganti kaldu apa saja)
  • 2 sdt gula
  • 120 ml kecap jepang
  • 2 sdm mirin (opsional)
  • Daun bawang untuk taburan, iris tipis

Cara membuat onsen egg

  1. Rebus air di dalam panci sampai suhunya 75 derajat celsius. Kalau tidak punya termometer, cukup kira-kira saja. Rebus air sampai cukup panas, tidak sampai mendidih.
  2. Masukkan telur, masak selama 13 menit. Kecilkan api, usahakan suhu air stabil 75 derajat celsius. Angkat. Segera masukkan telur ke dalam air es agar berhenti masak.
  3. Kaldu: rebus mirin dengan api sedang. Tambahkan gula, aduk sampai larut. Tambahkan kecap jepang, aduk rata. Angkat. Sisihkan. Simpan di dalam kulkas. Larutan ini disebut kaeshi. Saran penyajian: campur 4 sendok makan kaeshi dengan 180 mililiter (sekitar 12 sendok makan) dashi. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Pecahkan telur secara perlahan karena mudah hancur. Kupas cangkang telur pelan-pelan. Masukkan ke dalam mangkuk. Tuang kuah kaldu, beri irisan daun bawang. Sajikan.

Tips: Onsen egg yang masih di dalam cangkang bisa disimpan di dalam kulkas, awet sampai dua hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Onsen Egg, Telur Rebus Setengah Matang Khas Jepang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2021/08/17/123800375/resep-onsen-egg-telur-rebus-setengah-matang-khas-jepang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm