Vaksin Moderna telah mendapat izin BPOM untuk digunakan di Indonesia dalam program vaksinasi pemerintah. Kemanjuran vaksin atau efikasi vaksin Moderna ini capai 94,1 persen.
Vaksin Moderna telah mendapat izin BPOM untuk digunakan di Indonesia dalam program vaksinasi pemerintah. Kemanjuran vaksin atau efikasi vaksin Moderna ini capai 94,1 persen. ( SHUTTERSTOCK/oasisamuel)

Perlu Tahu, Berikut Ragam Efek Samping Vaksin Covid-19 Moderna !

22 Agustus 2021 07:23 WIB

SonoraBangka.id - Vaksin moderna di Indonesia sudah mulai dinggunakan untuk tenaga kesehatan dan sebagian masyarakat umum.

Tapi belakangan muncul unggahan sosmed yang menyebut efek samping vaksin Moderna lebih berat dibanding Sinovac bahkan AstraZeneca.

Benarkah demikian?

Hasil uji klinis membuktikan bahwa efek samping vaksin Covid-19 Moderna yang dihasilkan dari vaksin booster ini umumnya bisa ditoleransi dengan baik.

Sebagian besar efek samping vaksin Covid-19 moderna yang terjadi bisa berupa efek ringan hingga sedang.

Efek samping lokal vaksin Covid-19 Moderna yang paling umum terjadi adalah nyeri tempat suntikan.

Selain itu, efek samping vaksin Covid-19 Moderna yang bisa dirasakan penerima vaksin dosis ketiga ini adalah kelelahan, sakit kepala, mialgia, dan artralgia atau nyeri sendi.

Namun vaksin Covid-19 Moderna tidak bisa diberikan ke semua orang.

Vaksin Covid-10 Moderna ini tidak bisa diberikan kepada individu dengan riwayat reaksi alergi parah terhadap komponen apa pun dari Vaksin Moderna Covid-19.

Penerima vaksin Moderna ini juga harus mendapatkan pantauan khusus untuk menghindari adanya hal buruk yang bisa saja terjadi.

Orang dengan imunokompromais, termasuk individu yang menerima terapi imunosupresif, mungkin memiliki respons yang kurang terhadap Vaksin Moderna Covid-19.

Oleh karena itu sangat penting untuk tahu dan jujur mengenai kondisi tubuh kita sendiri sebelum divaksin.

Supaya hal ini tidak ada efek samping yang parah terjadi pada tubuh kita.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm