Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS (Kompas.com/Donny)
Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS (Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, Ngecas Ponsel di Motor Bikin Aki Mudah Tekor?

23 Agustus 2021 18:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tidak hanya di mobil, fitur pengisian baterai ponsel melalui output power juga tersedia di beberapa tipe motor.

Bahkan perangkat tambahan untuk mengisi baterai ponsel ini juga banyak dijual di pasar sehingga bisa dilakukan pemasangan sendiri oleh pemilik kendaraan.

Perangkat pengisi baterai tersebut memang memberikan kemudahan bagi pemilik ponsel untuk mengisi ulang baterainya pada saat berada di tengah perjalanan.

Dengan adanya fitur ini, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel pada saat melakukan perjalanan jauh. Tetapi, ada juga yang mengatakan bahwa keberadaan fitur pengisi baterai ini bisa membuat aki sepeda motor mudah soak.

Menanggapi hal tersebut, Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, melakukan pengecasan ponsel di output power pada motor tidak akan merusak aki kalau pemakaiannya benar.

"Kalau melakukan pengecasan pada saat posisi motor on (mesin tidak menyala) ada kemungkinan aki bisa tekor." kata Dwi kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Dwi menjelaskan, ketika melakukan pengecasan posel di motor pastikan kondisi mesin motor dalam keadaan menyala. Kalau mesin menyala maka pengisian aki motor juga dapat berjalan.

"Kondisi mesin harus menyala, sehingga sistem pengisian di motor bisa mengisi baterai yang digunakan untuk ngecas ponsel. Sehingga kondisi aki motor tetap normal." ucap Dwi.

Fitur output power yang disediakan di beberapa tipe kendaraan memeng khsusus diciptakan untuk melaukan pengecasan selama di perjalanan. Pengecasan dapat dilakukan asalkan penggunaanya benar sehingga aki motor juga akan awet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Ngecas Ponsel di Motor Bikin Aki Tekor?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/23/141200815/mitos-atau-fakta-ngecas-ponsel-di-motor-bikin-aki-tekor-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm