( Ist)

Pemprov Babel Dorong Pembentukan Satgassus Ditingkat Kabupaten/Kota

25 Agustus 2021 09:54 WIB

SonoraBangka.id - Agar penanggulangan Covid-19 yang lebih sistematis dan terstruktur sampai ke tingkat desa, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov. Babel) mendorong agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/kota segera membentuk Satuan Tugas Khusus (Satgassus).Wakil Gubernur (Wagub) Abdul Fatah menjelaskan hal tersebut sesuai dengan Instruksi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Tanggal 23 Agustus 2021 Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Pencegahan Dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Provinsi Babel.

"Pemprov. Babel telah membentuk 4 Satgassus, yakni Satgassus Tracing dan Tracking, Satgassus Vaksinasi, Satgassus Oksigen, dan Satgassus Isoter,"ujar Wagub.

Untuk melanjutkan instruksi tersebut, wagub bersama Ketua ke empat satgas terkait melaksanakan rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara virtual, Selasa (24/8/2021).

Dalam arahannya Wagub Abdul Fatah mengatakan, bahwa pembentukan satgas di tingkat kabupaten/kota bertujuan guna memudahkan koordinasi, dan lancarnya pelaksanaan serta tercapainya target operasi secara penuh.

"Berdasarkan data mulai dari tanggal 16 Agustus sampai tanggal 22 Agustus 2021, data terkonfirmasi positif di Provinsi Babel berjumlah 2.434, dan terkonfirmasi meninggal berjumlah 98 orang," katanya.

Oleh karena itu, ditegaskan wagub, diperlukan kerja sama antar satgas tingkat provinsi hingga satgas kelurahan dan desa. Kerja sama ini, katanya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian serta pendataan dan pelaporan terkait penanggulangan Covid-19.

Menurut Wagub Abdul Fatah, pembentukan satgassus dapat segera dilaksanakan mengingat pertambahan kasus dan masuknya varian Delta di Babel, sehingga memerlukan penanganan yang cepat dan tepat.

Sebagai gambaran pembentukan satgassus di kabupaten/kota, dalam rapat ini ketua maupun perwakilan pengurus dari ke empat satgassus Provinsi Bangka Belitung memaparkan mulai dari struktur pengurus, hingga strategi dan rencana aksi masing masing satgassus.

Fajar Supriadi Sentosa, selaku Ketua Satgassus Tracing dan Tracking, sekaligus Kepala BKKBN Kantor Perwakilan Babel mengatakan, pihaknya bertugas melacak untuk mencari dan memantau kontak erat dengan terkonfirmasi positif melalui wawancara langsung maupun melalui media telepon.

Selanjutnya, Fajar mengungkapkan potensi data SDM petugas tracing yang ada di Babel saat ini yakni berjumlah 2.250, diantaranya berasal dari Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, dan PKB. Fajar berharap satgassus di kabupaten/kota dapat segera dibentuk dan dapat aktif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bangka Belitung.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm