Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ( Sonorabangka.id/ Zulhaidir)

Unmuh Babel, 'Anak Soleh' 10 Tahun Berbakti Untuk Agama Dan Negeri

26 Agustus 2021 08:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) beralamat di Jl. K.H. Ahmad Dahlan Desa Mangkol Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan organisasi umat Islam terbesar dan tertua di Indonesia, yakni Muhammadiyah yang didirikan oleh KH.Ahmad Dahlan Pada 18 November 1912 di Jogyakarta.

Unmuh Babel mengalami perubahan dari yang sebelumya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (STKIP MBB), menajadi Universitas Muhammadiyah Babel.

Berdasarkan SK. Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia (MENDIKBUD RI) tertanggal 2 September 2020 dan berdasarkan keputusan Badan Pembina Harian (BPH) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, bahwa hari lahir Unmuh Babel tetap disamakan dengan hari lahirnya STKIP MBB yakni tanggal 26 Agustus 2011.

Pembentukan Unmuh Babel merupakan amanah dari Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung ke-IV (empat) pada tahun 2015.

Selain itu, pembentukan Unmuh Babel ini juga merupakan program unggulan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bangka Belitung.

Tak terasa kini usia Unmuh Babel sebagai kampus “Berkemajuan dan Mencerahkan” genap sudah 10 tahun pada 26 Agustus 2021.

Rektor Unmuh Babel, Fadillah Sabri menyanpaikan, pihaknya sudah menyiapkan rangkaian acara spesial di Milad ke-10 ini, melibatkan internal keluarga besar Unmuh Babel, AUM, Ortom di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah Babel dan masyarakat secara umum.

Puncak acara Milad ke-10 yang akan gelar pada Sabtu (28/08/2021) mengangkat tema “ Bersyukur, Berbagi dan Berterimakasih” seluruhnya telah dikonsep sesuai dengan protokol covid-19.

Sehingga sejumlah unsur Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Babel, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) hingga sejumlah pejabat penting di Bangka Belitung akan hadir secara offline maupun online.

Fadillah Sabri dalam Press Rilis, Rabu (25/08/2021) sore menjelaskan seluruh rangkaian aktivitas keseharian maupun khususnya dalam rangka milad ke-10 ini, seluruhnya adalah kegiatan BERFAEDAH yang senatiasa mengandung 5 nilai dasar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yakni, Ke-ISLAMAN, Ke-INDONESIAAN, KEKINIAN, KEDISINIAN dan KEMASADEPANAN.

Fadillah Sabri juga menyebutkan bahwa STKIP Muhammadiyah Babel yang kini telah berubah status menjadi Unmuh Babel, adalah seorang anak usia yang kini berusia 10 tahun, yang tengah lucu-lucunya, terus beralih dari masa anak-anak menuju ke usia remaja.

Oleh karenanya ia berharap di usia yang sudah 10 tahun ini Unmuh Babel akan semakin menjadi anak yang soleh dan cerdas. Karena anak yang soleh itu adalah anak yang mampu berbakti kepada orang tuanya.

”Unmuh Babel harus terus menjadi anak soleh yang mampu berbuat baik, mampu membahagiakan seluruh sivitas akademika tercinta dan juga persyarikatan Muhammadiyah Bangka Belitung yang telah “melahirkannya”.

Dan sebagai anak yang telah dilahirkan, maka Unmuh Babel harus mampu memajukan dirinya, menjadi suri tauladan yang baik untuk kepentingan agama, masyarakat, bangsa dan negara.

"Untuk itu anak soleh yang bernama Unmuh Babel ini berkomitmen terus melatih dirinya menjadi anak yang soleh yang sehingga mampu menerbakan kebaikan jariah dunia hingga akhirat (Fastabiqul Khoirot),” ujar Fadillah Sabri optimis.

PenulisZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm