ARMY Boikot Majalah Billboard
ARMY Boikot Majalah Billboard ( KOMPAS.com/Melvina Tionardus)

ARMY Boikot Majalah Billboard, Tuntut Permintaan Maaf untuk BTS

27 Agustus 2021 21:15 WIB

SonoraBangka.ID - Fans grup BTS, ARMY, menyuarakan keprihatinan mereka terhadap artikel baru dari majalah Billboard.

Billboard hari ini meluncurkan majalah dengan sampul dan pemotretan eksklusif BTS sebagai edisi Agustus 2021.

Setelah membaca wawancara, penggemar mulai memboikot Billboard dan menuntut permintaan maaf.

Dalam wawancaranya, BTS ditanya pertanyaan umum seperti pemikiran mereka tentang pandemi Covid-19.

Akan tetapi, ARMY menganggap Billboard mengajukan pertanyaan yang menyinggung BTS, yakni tentang dugaan manipulasi grafik, dan lebih khusus lagi, keterlibatan ARMY di dalamnya.

ARMY dituding ikut memanipulasi dengan melibatkan peningkatan penjualan, pembelian, dan streaming beberapa versi dari lagu yang sama seperti remix "Butter".

Serta memilih hari khusus untuk streaming dan atau membeli lagu tertentu agar memengaruhi kinerja tangga lagu Billboard.

Namun, “manipulasi” ini sebenarnya adalah pengorganisasian dan seperti yang disebutkan Billboard, sesuai dengan aturan. Tudingan itu langsung dibantah leader BTS, RM, dan ketua agensi Big Hit Music, Shing Young Jae lewat jawaban dalam wawancara.

Karena itu, ARMY mengecam Billboard karena menyinggung soal manipulasi grafik daripada bertanya kepada BTS tentang pencapaian grafik mereka.

Beberapa ARMY juga mempertanyakan apakah Billboard akan menanyakan artis No.1 lainnya tentang manipulasi tangga lagu. Ini bukan satu-satunya yang dipermasalahkan ARMY tentang artikel tersebut.

Hal lain yang diperdebatkan adalah penyertaan kutipan dari penggemar penyanyi Olivia Rodrigo dan Dua Lipa. Sebab, para penggemar tersebut mencoba mendiskreditkan atau menjelekkan kesuksesan lagu “Butter" milik BTS.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "ARMY Boikot Majalah Billboard, Tuntut Permintaan Maaf untuk BTS", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/08/27/145748466/army-boikot-majalah-billboard-tuntut-permintaan-maaf-untuk-bts.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm