Ban serep(Foto: Peugeot)
Ban serep(Foto: Peugeot) ( kompas.com)

Ini Penjelasan Mengenai Kenapa Ban Serep Memiliki Ukuran Lebih Kecil

29 Agustus 2021 19:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Ban serep atau ban cadangan merupakan salah satu komponen mobil yang disediakan untuk mengganti ban utama apabila terjadi kerusakan atau kendala dengan ban utamanya.

Biasanya ban serep punya ukuran yang berbeda dengan ban utama. Perbedaan ukuran ini terlihat pada lebar tapak ban yang lebih kecil dibandingkan dengan ban yang biasa digunakan sehari-hari.

Ternyata bentuk dari ban cadangan atau temporary tire tersebut memiliki tujuan lain. Salah satunya adalah untuk menghemat ruang dalam bagasi mobil.

Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, ban cadangan mempunyai bentuk yang lebih tipis dari ban yang biasa digunakan.

“Biasanya ban cadangan lebih tipis dari ground tire atau ban yang biasa digunakan. Salah satunya untuk menghemat ruang penyimpanan dari ban cadangan tersebut,” ujar Didi saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tapi ban cadangan yang memiliki ukuran lebih kecil hanya terdapat pada mobil tertentu. Hanya mobil-mobil dengan ruang bagasi terbatas saja yang menggunakan ban dengan profil lebih tipis tersebut.

“Tidak juga (mobil terbaru) tergantung dari desain tiap mobil. Beberapa mobil yang sudah menggunakan temporary tire seperti Voxy, Alphard, Sienta karena mengingat bagasi penyimpanannya memang terbatas,” ucap Didi.

Dengan ukuran ban yang lebih tipis, ban cadangan akan lebih mudah disimpan di bagasi sehingga tidak memakan banyak tempat. Terlebih untuk mobil yang memiliki ruang bagasi yang terbatas atau sempit.

Selain tujuan penyimpanan, ban serep juga dibuat dengan ukuran berbeda supaya tidak digunakan untuk harian. Pasalnya bila ban cadangan digunakan untuk harian bisa mengakibatkan bahaya karena ukurannya yang lebih kecil.

“Namanya juga ban cadangan atau temporary tire jadi hanya dipakai untuk sampai ke tukang tambal ban saja,” tuturnya. Penggunaan ban serep juga tidak boleh sembarangan.

Ada batasan yang harus dipahami oleh pengemudi mengingat ban yang lebih tipis dari ban yang digunakan untuk harian.

“Ban cadangan ini juga tidak bisa dipakai untuk harian, bentuk tapaknya juga lebih tipis. Pada ban juga tertulis kecepatan maksimal dari ban cadangan tersebut hanya 80 kilometer per jam,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Penjelasan Kenapa Ban Serep Memiliki Ukuran Lebih Kecil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/29/190100115/ini-penjelasan-kenapa-ban-serep-memiliki-ukuran-lebih-kecil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm