Iwan Fals menceritakan proses persalinan Galang Rambu Anarki.
Iwan Fals menceritakan proses persalinan Galang Rambu Anarki. ( (Bidikan layar YouTube Iwan Fals Musica).)

Iwan Fals Sebut Pernah Menjalani Isolasi Mandiri Selama 1 Bulan

1 September 2021 16:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Penyanyi legendaris Iwan Fals mengatakan sempat menjalani isolasi mandiri (ISOMAN) beberapa waktu lalu.

Hal itu diungkapkan Iwan Fals di YouTube pribadinya. Iwan Fals tak menyebutka secara detail alasannya melakukan isolasi mandiri apa lantaran dinyatakan positif Covid-19 atau tidak.


“Imun saya malah lemah, sempat bocor isoman lah (isolasi mandiri) sebulan,” kata Iwan Fals dikutip Kompas.com kanal YouTube pribadinya, Rabu (1/9/2021).

Awalnya, ia hendak menyanyikan lagu ciptaannya sendiri tahun 1984 berjudul “Jangan Bicara.” Dia mengatakan, lagu yang ditulisnya tersebut soal kritikan sosial yang tajam untuk kondisi bangsa Indonesia pada saat itu.


“Lagu Jangan Bicara dari album Barang Antik tahun 1984 soal idealisme nasionalisme perdebatan tentng keadilan saat itu. Soal kemakmuran, soal moral bangsa yang runtuh dan mengancam kita semua,” ucap Iwan Fals.


Bicara soal kondisi bangsa Indonesia saat ini, Iwan Fals belum melihatnya secara detail. Karena Indonesia di dua tahun belakangan ini dilanda pandemi Covid-19. Masyarakat bersama pemerintah pun berusaha bangkit dari pandemi CoVid-19.

“Lalu pertanyaannya apa sekarang Indonesia begitu? Saya belum begitu detail. Apalagi dua tahun belakangan ini kan kita sibuk pandemi. Berusaha untuk survive,” tambah Iwan.


Namun masalahnya, Iwan menuturkan saat ini sisa-sisa Pemilihan Presiden (Pilres) masih terasa hingga saat ini.

Hal ini lah yang membuat begitu banyak informasi tidak valid soal Covid-19. Karena masih ada segelintir orang yang ingin menentang kebijakan Pemerintah.

“Sebelum pandemi juga sisa-sisa Pilpres itu juga masih berasa sampai sekarang cebong, kadrun, kampret dan segala macam lah. Akhirnya terlalu banyak informasi yang saya dapat sampai rasa penat,” tambah Iwan.

Akibat mendapat berbagai informasi di media sosialnya, Iwan merasa jika imunnya makin lemah. Hingga ia harus diisolasi mandiri.

“Imun saya malah lemah, sempat bocor, isoman lah sebulan,” ucap Iwan. Sebelumnya, Iwan juga sempat mencuit di Twitter soal kondisinya beberapa waktu lalu. Dia mengatakan tengah isolasi mandiri. Bahkan, ia meminta penggemarnya untuk menjaga protokol kesehatan.


"Karena rumah sakit penuh ya isomanlah, bagi yang sedang menjalani dan yang merawat tetap SEMANGAT," tulis Iwan dalam cuitannya di Twitter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Iwan Fals Ungkap Pernah Menjalani Isolasi Mandiri Selama Sebulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/09/01/150216766/iwan-fals-ungkap-pernah-menjalani-isolasi-mandiri-selama-sebulan?page=2.

Sumberkompas
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm