Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( Ist)

Gubernur Ajak Generasi Muda Babel Jadi Entrepreneur di Era Digital

2 September 2021 09:45 WIB

SonoraBangka.id - Teknologi digital masa kini hingga mendatang akan semakin canggih menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia, termasuk mentransformasikan kehidupan manusia. Manusia telah dimudahkan dalam melakukan akses terhadap informasi melalui banyak cara.Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda Bangka Belitung (Babel) untuk memanfaatkan peluang pada era digital dewasa ini, salah satunya menjadi entrepreneur dibidang digital startup.

Gubenur Babel Erzaldi Rosman mengajak generasi muda Babel untuk mulai mengembangkan bisnis digital, seperti yang dilakukan anak muda Babel dengan berkreasi membuat aplikasi WALAN (Warung Berjalan), sebuah aplikasi penyedia layanan transportasi, pesan antar makanan, dan kebutuhan sehari-hari.

"Saya secara pribadi dan sekaligus sebagai gubernur menyambut baik gerakan ekosistem startup di Bangka Belitung yang dimotori oleh anak-anak muda dan pihak Kemenkominfo sebagai penggerak 1000 startup digital ," ungkap belum lama ini.

Dijelaskan gubernur bahwa dengan semakin mengikuti perkembangan digitalisasi dengan cepat di suatu daerah, maka daerah itu akan berkembang. Hal ini mendorong Pemprov. Babel mengambil peran terutama dalam segi pendidikan dengan mengembangkan digitalisasi dengan segera mendirikan Balai Teknologi Informasi Pendidikan di Babel agar proses pendidikan dapat berjalan cepat, tepat, efisien dan berkembang.

"Saya tekankan kepada generasi muda untuk dapat membaca peluang kedepan dengan menyelesaikan permasalahan dan memberikan solusi-solusi yang tepat, disamping dalam mengembangkan digital startup juga membutuhkan semangat dan motivasi dalam melahirkan suatu model bisnis yang dapat mempengaruhi semua orang dan bernilai ekonomi tinggi,"ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya perlu adanya dorongan dan bimbingan dari pemerintah serta akademisi-akademisi yang mahir di bidangnya, serta membutuhkan kolaborasi lintas generasi yang dinamis, jika semakin cepat dilakukan maka akan mempercepat perkembangan ekosistem digital tersebut.

Termasuk sebuah startup harus bisa memberikan problem solving bagaimana menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan mengedepankan digitalisasi terutama di era pandemi saat ini.

"Kolaborasi lintas generasi diperlukan untuk membangun komunikasi dan komitmen bersama demi memajukan ekosistem startup ini tanpa batas," jelas Gubernur.

Dirinya menyebut ada keunikan dalam pengembangan startup bila dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya. Startup bergerak tanpa batas dan tanpa adanya diksi senioritas serta birokrasi yang berbelit-belit.

"Semakin kita kreatif, semakin startup cepat berkembang. Semakin kita bisa mengolaborasi serta bersinergi, akan semakin membuat startup menjadi bernilai," ungkapnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm