Suasana Bandara Soekarno-Hatta di Kota Tangerang tepat satu hari usai laranhan mudik Lebaran, Selasa (18/5/2021).
Suasana Bandara Soekarno-Hatta di Kota Tangerang tepat satu hari usai laranhan mudik Lebaran, Selasa (18/5/2021). ( (KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL) )

Bandara Soekarno-Hatta Termasuk Bandara Teraman se-Asia Tenggara

3 September 2021 10:14 WIB

SONORABANGKA.ID - Kini Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang, Banten, telah dinobatkan sebagai bandara paling aman se-Asia Tenggara menurut lembaga global Safe Travel Barometer. 

President Director PT Angkasa Pura II atau AP II (Persero), Muhammad Awaluddin, mengatakan bahwa bandara tersebut mendapat nilai Safe Travel Score sebanyak 4,3 dari yang tertinggi 5,0.

Penilaian tersebut dilakukan pada Mei 2021. Ia menuturkan, nilai tersebut setara dengan yang diraih oleh Bandara Changi Singapura. 


Di wilayah Asia Pasifik, Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Changi Singapura berada di posisi kedua. Sedangkan di tingkat dunia, Bandara Soekarno-Hatta meraih peringkat ke-14. 

Berdasarkan dari laman resminya, sejumlah inisiatif yang masuk penilaian adalah pendaftaran bagasi yang minim kontak, kios check-in yang minim kontak, penyediaan masker, fasilitas tes Covid-19, dan kewajiban memakai masker bagi karyawan.


Muhammad Awaluddin menyebutkan, pencapaian tersebut berkat adanya inovasi dan kolaborasi di antara seluruh stakeholder.

"Sebagai pengelola bandara, AP II berterima kasih atas kerja keras seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta dan dukungan kuat dari pemerintah," katanya pada Selasa (31/8/2021), dikutip dari Antara.

Sebelumnya pada tahun 2020, dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/9/2020), Bandara Soekarno-Hatta adalah salah satu bandara dengan nilai tertinggi di dunia dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19. Skor yang diraih waktu itu adalah 4,09.


Menurut situs web resminya, Safe Travel Score adalah bentuk penilaian Covid-19 di industri yang diluncurkan tentang pemulihan pandemi. 

Adapun penilaiannya berdasarkan audit independen yang mengacu pada prosedur kesehatan dan keselamatan.

Sementara itu, terdapat pula inisiatif kenyamanan wisatawan, keunggulan layanan, dan pengalaman berwisata secara keseluruhan berdasarkan penyedia dan pemerintah guna menambah rasa percaya wisatawan untuk kembali berwisata. Penilaian itu umumnya berkisar dari 1,0 sampai 5,0.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bandara Soekarno-Hatta Jadi Bandara Paling Aman se-Asia Tenggara", Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2021/09/03/083400627/bandara-soekarno-hatta-jadi-bandara-paling-aman-se-asia-tenggara.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm