Ilustrasi
Ilustrasi ( IG @agenherbalnusantara via Grid.ID )

Kenapa Perempuan Tidak Boleh Minum Kopi Saat Menstruasi? Ini Alasannya

3 September 2021 13:33 WIB

SonoraBangka.id - Tidak sedikit dari kita jika sedang menstruasi, merasakan kram yang menyakitkan dan sangat mengganggu. Kondisi itu disebabkan kontraksi otot.

Kram pada perut bagian bawah tersebut bisa diringankan melalui sejumlah cara, seperti menyantap dark cokelat, menggunakan kompres air hangat, dan sebagainya.

Salah satu derita susulan setelah kram adalah sakit kepala yang akan meningkat karena faktor hormonal.

Bagi penyuka Kopi mungkin akan berpikir kopi bisa membantu meringankan rasa sakit di kepala, dengan harapan rasa kram juga bisa berkurang.

Namun ternyata anggapan tersebut sangatlah salah.

Melansir dari Kompas.com, minum kopi memang bisa membantu mengatasi masalah sakit kepala, namun kandungan kafein dalam kopi justru bisa membuat kram bertambah parah.

Jangan minum  kopi saat menstruasi

Para pakar kesehatan menyarankan mereka yang sedang mengalami menstruasi untuk menghindari kopi.

Sebab, kandungan kafein dalam kopi bisa memperparah atau bahkan menyebabkan kram. Selain itu, karena sifat diuretiknya, kopi juga bisa meningkatkan produksi urine dan menyebabkan dehidrasi.

Secangkir kopi yang masuk ke dalam sistem tubuh akan menghalangi neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA) yang meregulasi rasa cemas.

Pada saat GABA terhalang dan tingkat kecemasan tinggi (dipicu konsumsi kopi), tubuh secara alami akan lebih rentan mengalami kram yang lebih parah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm