Ilustrasi oli transmisi. (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi oli transmisi. (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Banyak yang Salah Paham Mengenai Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik

6 September 2021 21:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Inilah Salah satu bentuk perawatan pada mobil adalah rutin mengganti pelumas atau oli. Ibarat darah dalam tubuh manusia, pelumas pada mobil wajib untuk diperhatikan, khususnya pada komponen transmisi otomatis atau mobil matik.

Transmisi otomatis pada mobil perlu diganti olinya dan juga dikuras. Sayangnya, banyak yang tak paham akan perbedaan dari kedua perawatan tersebut.

Padahal, ganti dan kuras oli transmisi otomatis pada mobil merupakan dua jenis pekerjaan yang berbeda. Alat, proses, dan suku cadang yang dibutuhkan juga berbeda. Bahkan, biaya yang dikeluarkan punya perbedaan yang signifikan.

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic, mengatakan, untuk proses ganti oli, baik transmisi otomatis model konvensional maupun CVT, biasanya dibutuhkan oli 3 liter hingga 4 liter.

"Sedangkan untuk kuras oli bisa 12 liter. Prosesnya juga memakan waktu yang lama," kata Hermas, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ganti oli hanyalah mengganti oli matik yang ada di ruang karter atau bak penampungan oli.

Sedangkan kuras oli adalah mengeluarkan atau mengganti semua oli yang ada di seluruh sistem transmisi. Maka itu, dibutuhkan oli yang lebih banyak.

Banyak yang beranggapan bahwa mengganti oli transmisi sebaiknya dilakukan setiap mobil sudah menempuh jarak 15.000 km. Sedangkan menguras oli transmisi, dilakukan setiap 50.000 km.

Hermas mengatakan, anggapan tersebut sebenarnya kurang tepat. Menurutnya, jika rajin melakukan pergantian oli matik sesuai waktunya, maka tidak perlu kuras oli.

Alasannya adalah oli yang berada di dalam transmisi selalu diperbarui. Sehingga, performa pelumasannya juga tetap terjaga.

Tapi, menguras oli transmisi tetap diperlukan jika kondisi oli transmisi sudah tak lagi bisa melumasi dengan baik. Biasanya, akan ditandainya dengan munculnya gejala-gejala penurunan performa pada transmisi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak yang Salah Paham Beda Ganti dan Kuras Oli Transmisi Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/06/114200415/banyak-yang-salah-paham-beda-ganti-dan-kuras-oli-transmisi-matik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm