Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di acara Defence Attache Dinner 2020 yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (20/2/2020)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di acara Defence Attache Dinner 2020 yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (20/2/2020) ( (Dok. Humas Kementerian Pertahanan) )

Bahas Kerjasama Pertahanan hingga Siber, Prabowo Bertemu Dengan Menhan Australia

9 September 2021 10:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Dikabarkan jika Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi akan melaksanakan pertemuan tahunan 2+2 dengan Menhan Australia Peter Dutton dan Menlu Australia Marise Payne di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (9/9/2021).

Sebelum melaksanakan pertemuan 2+2, Prabowo dan Peter Dutton telah melakukan pertemuan terlebih dahulu di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dalam pertemuan 2+2, akan dibicarakan sejumlah materi. "Di antaranya mengenai pemulihan bersama pandemi Covid-19, kerja sama pemulihan ekonomi, kerja sama pertahanan dan keamanan counter terorrism, counter disinformasi dan kerja sama siber, serta kemitraan di kawasan," berikut keterangan tertulis, Biro Humas Setjen Kemenhan, Kamis.


Adapun pembicaraan kerja sama antar kedua negara di kawasan meliputi dinamika di Kawasan Indo-Pasifik, keamanan maritim, maupun isu regional lainnya, dalam hal ini yakni Myanmar dan Afghanistan.

Sebelumnya, dalam bidang kerja sama pertahanan, kedua negara telah menggelar Dialog Strategis Pertahanan Indonesia-Australia (IADSD) tingkat Kementerian Pertahanan dan Komite Tingkat Tinggi Australia-Indonesia di tingkat TNI yang telah dilakukan Agustus 2021.


Selama ini, Australia dan Indonesia sudah menjalin kemitraan strategis di kawasan. Dalam kerja sama bidang pertahanan telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi pembangunan pertahanan Indonesia.


Hasil dari program kerja sama tersebut telah mampu meningkatkan kapasitas dan kerja sama kedua negara. Selain itu, dalam sektor pendidikan bahkan di masa pandemi, Indonesia tetap melaksanakan latihan di Australia.

Sementara itu, interaksi di luar latihan militer yang melibatkan personel Kementerian dan Departemen Pertahanan kedua negara juga banyak dilaksanakan, sekalipun secara virtual karena penerapan protokol Covid-19.

Terkait kerja sama Covid-19, Kemenhan RI sangat mengapresiasi bantuan yang telah diberikan Departemen Pertahanan Australia, berupa alat pelindung diri (APD) sebanyak dua kali untuk mendukung program mitigasi Covid-19 Kemenhan dan TNI pada Agustus 2020 dan 8 April 2021 lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Bertemu Menhan Australia, Bahas Kerja Sama Pertahanan hingga Siber", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2021/09/09/09452531/prabowo-bertemu-menhan-australia-bahas-kerja-sama-pertahanan-hingga-siber.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm