Ilustrasi Jokowi berkendara dengan sepeda motor (Muchlis Jr/Setpres)
Ilustrasi Jokowi berkendara dengan sepeda motor (Muchlis Jr/Setpres) ( kompas.com)

Daftar Kendaraan Milik Jokowi, dari Yamaha Vega Hingga Mercedes-Benz

10 September 2021 21:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo dalam keseharian tentu sangat sibuk dengan agenda sebagai pimpinan negara. Tapi di lain sisi, Jokowi diketahui punya ketertarikan dengan dunia otomotif.

Dalam beberapa kali kunjungan kerjanya, Jokowi sempat menunggangi sepeda motor. Mulai Kawasaki W175 Custom, Royal Enfield Bullet 350, motor listrik Gesits, motor listrik Wim Motor Zero 8i, hingga KLX 150.

Selain berkendara dengan beberapa tipe motor, kegiatan Jokowi dalam dunia otomotif juga termasuk modifikasi, yang ditampilkan dalam ajang otomotif nasional.

Ketertarikan dalam dunia otomotif kemudian tercermin juga dari kendaraan pribadi milik Jokowi. Menurut Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 12 Maret atau laporan periodik tahun 2020.

Jokowi diketahui mempunyai alat transportasi sebanyak delapan kendaraan. Di antaranya ada dua sedan Mercedes-Benz tahun 2004 dan 1996, Nissan Grand Livina tahun 2010, dan Nissan Juke tahun 2012.

Kemudian Jokowi juga memiliki beberapa kendaraan niaga, seperti Suzuki Pick Up tahun 1997 dan dua unit Isuzu Truck tahun 2002. Di antara tujuh mobil dan truk itu, Jokowi juga masih punya satu unit Yamaha Vega tahun 2001.

Semua kendaraan ini disebut sebagai hasil kekayaannya sendiri, dengan nilai total yang ditaksir mencapai Rp 527.500.000.

Secara umum, harga taksiran kendaraan Jokowi mirip-mirip dengan yang ditawarkan di situs jual beli online.

Misal Grand Livina keluaran 2010 yang ditaksir senilai Rp 75 juta. Melihat harga di situs jual beli online, harga MPV Nissan ini rata-rata dihargai Rp 70 jutaan sampai Rp 80 jutaan.

Kemudian, Yamaha Vega punya presiden yang ditaksir Rp 2,5 juta. Bisa dibilang harganya cukup murah, sebab di pasaran masih ada yang berani jual Rp 4,8 juta untuk model dengan tahun yang sama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm