Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com)
Ilustrasi menyalakan mesin mobil (doityourself.com) ( kompas.com)

Ritual Rajin Memanaskan Mesin Mobil Tiap Pagi, Masih Perlukah Dilakukan?

11 September 2021 21:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Masih banyak di antara kita yang rajin memanaskan mobil pada pagi hari. Ada yang sebentar, namun tak jarang ada juga yang menghabiskan waktu cukup lama.

Kegiatan ini bahkan sudah menjadi ritual wajib para pemilik mobil sebelum berkendara. Tapi pada masa modern seperti sekarang, masih perlukah memanaskan mesin mobil?

“Memanasi mesin sebelum mobil digunakan boleh saja. Namun harus paham dulu tujuan dari ‘memanasi’ tadi,” ujar Rifat Sungkar, pereli nasional sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi, dalam konferensi virtual Bersama media (9/9/2021).

“Tujuan dari memanasi tadi sebenarnya memberi kesempatan bagi oli mesin untuk bersirkulasi dengan baik hingga melumasi bagian-bagian dari mesin,” kata Rifat.

Tapi demikian, karena mesin modern sudah menggunakan pelumas yang lebih encer dan konstruksi mesin yang lebih rapat dan presisi, menurut Rifat, kegiatan memanaskan mesin mobil tidak butuh waktu lama.

Dengan oli yang lebih encer, maka sirkulasi pun dapat dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan mesin lawas yang rata-rata masih menggunakan oli yang lebih kental.

Walau begitu, Rifat setuju jika kita boleh saja menyempatkan walau hanya 1 menit untuk memanaskan mesin supaya pelumasan pada mesin menjadi lebih sempurna.

“Sebaliknya, bagi mesin turbo, sebaiknya kita tidak langsung mematikannya begitu selesai digunakan. Kita beri waktu sekitar 1 menit supaya unit turbo berada tidak terlalu tinggi putarannya,” ucap Rifat.

“Diberi waktu kira-kira 1 menit ini tujuannya supaya putaran kincir pada turbo telah melambat dan dengan demikian, mesin menjadi lebih awet,” ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ritual Memanaskan Mesin Mobil Tiap Pagi, Masih Perlukah Dilakukan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/11/140200415/ritual-memanaskan-mesin-mobil-tiap-pagi-masih-perlukah-dilakukan-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm