Cuci mobil hidrolik (KOMPAS.com/Gilang)
Cuci mobil hidrolik (KOMPAS.com/Gilang) ( kompas.com)

Apakah Benar Cuci Mobil Pakai Hidrolik Bikin Spooring Berubah?

12 September 2021 18:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu perawatan yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil yakni mencuci mobil. Dengan mobil yang bersih, pemilik akan lebih percaya diri dalam mengendarai mobil kesayangannya.

Untuk mencuci mobil, pemilik mobil dapat melakukannya sendiri dirumah atau menggunakan jasa cuci mobil.

Sekarang sudah banyak tempat yang menawarkan jasa cuci mobil, salah satunya cuci mobil mengunakan hidrolik.

Pada saat mencuci mobil di tempat cuci, bisa ditemui hidrolik yang mengangkat mobil ke atas. Dengan begitu, bagian kolong dari mobil bisa ikut dibersihkan, bukan bagian bodi atasnya saja.

Ada berbagai macam cuci hidrolik, salah satunya yakni hidrolik yang mengangkat mobil dengan ban menggantung.

Tapi ada sebagian orang yang berpendapat bahwa mencuci mobil menggunakan hidrolik akan membuat spooring mobil berubah.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, mencuci mobil hidrolik dengan ban yang menggantung tidak mengakibatkan berubahnya spooring ban mobil.

"Secara teori hal tersebut tidak akan mengubah spooring pada mobil, nanti setelah kendaraan diturunkan dan digunakan akan normal kembali," kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi mengatakan, hal tersebut juga sama ketika mobil di dongkrak untuk mengganti ban atau melakukan pengecekan saat di bengkel mobil. Akan ada ban yang terangkat pada saat mobil di dongkrak.

Setelah selesai di dongkrak dan mobil digunakan kembali, tidak ada perubahan apapun pada spooring mobil. Mobil masih bisa digunakan dalam keadaan normal.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan kalau model hidrolik X ini bisa merusak suspensi karena ban dalam posisi menggantung.

Tapi Didi tidak membenarkan hal tersebut, suspensi tetap akan tidak masalah meski kondisi ban menggantung selama diangkat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Cuci Mobil Pakai Hidrolik Bikin Spooring Berubah?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/12/080100215/benarkah-cuci-mobil-pakai-hidrolik-bikin-spooring-berubah-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm