Lapisan ozon mengalami penipisan, akibatnya meningkatkan radiasi sinar UV
Lapisan ozon mengalami penipisan, akibatnya meningkatkan radiasi sinar UV ( aryos)

Mau Tahu Bagaimana Lapisan Ozon Bisa Menipis? Ini Penjelasanya

17 September 2021 13:17 WIB

SonoraBangka.idLapisan ozon berada di jarak 15-35 kilometer di atas permukaan Bumi.

Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen. Lapisan ozon berada pada stratosfer, salah satu atmosfer pada Bumi.

Dilansir dari Live Science, lapisan ozon adalah lapisan yang ada di seluruh permukaan Bumi, yang mengandung molekul ozon.

Dalam setiap 10 juta molekul udara, hanya ada tiga molekul ozon. Ozon ini menjadi perisai antara Bumi dan radiasi sinar ultraviolet (UV).

Ozon adalah hasil reaksi antara oksigen dengan sinar ultraviolet dari matahari.

Ozon juga diproduksi manusia untuk dipergunakan sebagai bahan pemurni air, pemutih, dan salah satu unsur pembentuk plastik.

Proses terjadinya penipisan lapisan ozon Lubang ozon pertama kali ditemukan pada awal 1980, di atas wilayah Antartika atau Kutub Selatan.

Para ilmuwan melakukan pengamatan secara terus-menerus dan ditemukan bahwa penurunan konsentrasi ozon stratosfer dalam jumlah yang besar.

Selain itu, penurunan ozon juga terjadi di Kutub Utara serta beberapa daerah tropis.

Berdasarkan Total Ozone Mapping Spectrometer, kerusakan ozon membentuk lubang yang dikenal lubang ozon di kedua kutub Bumi.

Total Ozone Mapping Spectrometer (TOMS) adalah instrumen satelit NASA, untuk mengukur nilai ozon.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm