( )

3 Keistimewaan Khusus dari Paspor Diplomatik yang Diberikan Presiden Korea Selatan untuk BTS

17 September 2021 17:16 WIB

SonoraBangka.ID - Baru-baru ini tujuh member BTS resmi mendapatkan paspor diplomatik dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae In.

Bahkan, anggota BTS juga ditunjuk sebagai Utusan Khusus Budaya Masa Depan oleh Moon Jae In.

Namun, tahukah kamu apa saja keistimewaan paspor diplomatik yang diberikan orang nomor satu Korea Selatan pada BTS?

Dikutip Grid.ID dari KoreaBoo.com, Kamis (16/9/2021), inilah beberapa keistimewaan paspor diplomatik tersebut.

1. Spesial

Paspor diplomatik yang diberikan pada BTS memang dinilai cukup spesial. Pasalnya, paspor diplomatik ini tak bisa dimanfaatkan sembarang orang.

Bahkan, manfaat paspor diplomatik tidak dimiliki orang-orang dengan paspor biasa. Dengan arti lain, paspor diplomatik ini hanya dimiliki orang-orang tertentu.

Seperti presiden, perdana menteri, Ketua Majelis Nasional, Ketua Mahkamah Agung, Menteri Luar Negeri, mantan presiden dan keluarganya, serta pegawai negeri sipil yang diangkat oleh Menteri Luar Negeri lainnya.

Menjadi utusan khusus, BTS juga bisa menerima paspor diplomatik sesuai dengan Keputusan Penegakan Undang-Undang Paspor.

2. Bisa Berkunjung ke 199 Negara Tanpa Visa

Dengan paspor diplomatik ini, BTS menerima pembebasan visa dari 199 negara. Dengan kata lain, para anggota bisa memasuki negara-negara tertentu tanpa batasan visa.

3. Keistimewaan Diplomatik

Selain berkunjung ke 199 negara, BTS juga memiliki kekebalan diplomatik sebagai utusan khusus.

Artinya, anggota BTS pemegang paspor diplomatik merupakan tamu kehormatan saat berkunjung ke 199 negara tersebut.

Meski demikian, BTS masih tetap diperbolehkan menggunakan paspor biasa mereka.

Para anggota boleh menggunakan paspor pribadi mereka untuk liburan, tur, dan acara non-diplomatik lainnya, seperti acara penghargaan di luar negeri.

Namun, saat berpergian ke negara-negara lain, para pemegang paspor diplomatik bisa menggunakan saluran diplomatik bandara dan bebas pemeriksaan.

https://www.grid.id/read/042894648/kalian-harus-tau-inilah-3-keistimewaan-khusus-dari-paspor-diplomatik-yang-diberikan-presiden-korea-selatan-untuk-bts?page=2

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm