Ilustrasi pasangan yang sedang konflik
Ilustrasi pasangan yang sedang konflik ( fizkes via Kompas.com )

Kekerasan Emosional Terjadi dalam Percintaan, Kenali Silent Treatment!

21 September 2021 07:56 WIB

SonoraBangka.id - Kebanyakan orang beranggapan kekerasan merupakan suatu tindakan dengan unsur paksaan yang menyebabkan luka secara fisik.

Ya, jika mendengar kekerasan pada perempuan mungkin yang terbayang di pikiran berupa luka fisik.

Padahal tindakan penolakan dan mengabaikan seseorang atau yang biasa disebut silent treatment ternyata termasuk dalam kategori kekerasan pada perempuan, loh.

Anda mungkin pernah menghadapi pasangan atau sahabat yang saat ada masalah memilih untuk diam dan ingin sendiri dengan dalih menenangkan diri, padahal masalah belum terselesaikan.

Selain itu, cara tersebut juga dilakukan pelaku dengan alasan, diam akan lebih baik dari pada saling beradu argumen.

Namun, faktanya tindakan pengabaian ini termasuk perilaku kasar pada perempuan secara emosional.

Dalam hubungan, perlakuan diam ini terjadi saat salah satu pasangan menahan diri di tengah pertengkaran dan menolak melanjutkan diskusi dengan cara apapun.

Dinilai sebagai kekerasan emosional

Siapa sangka tindakan pengabaian di tengah pertengkaran dengan segala alasannya yang membuat pasangan atau orang dekat merasa khawatir merupakan termasuk tindakan kekerasan pada perempuan.

Mirisnya, kebanyakan orang yang menjadi korban silent treatment ini tidak menyadari jika mereka telah mengalami kekerasan secara emosional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm