( )

BTS Dan Cold Play Utamakan Cinta Dalam Single Collaborasinya

26 September 2021 08:29 WIB

SonoraBangka.Id - Setelah memberi teaser dalam beberapa pekan terakhir, Coldplay akhirnya merilis "My Universe", singel kolaborasinya dengan BTS, Jumat (24/9/2021). Lagu merupakan bagian dari album Coldplay bertajuk Music of the Spheres yang akan datang dan akan dirilis pada 15 Oktober. Lagu tersebut ditulis bersama oleh Coldplay dan BTS.

Tiga personel Coldplay, yakni Chris Martin, Guy Berryman, dan Will Champion tercatat sebagai penulis lagu. Begitu juga tiga member BTS, yakni RM, J-Hope, dan Suga. "My Universe" dinyanyikan dalam dua bahasa, Bahasa Inggris dan Korea.

Lirik lagu itu mengutamakan cinta ketimbang perbedaan.

And they said that we can’t be together because, because we come from different sides,” demikian sepenggal lirik "My Universe". Yang berarti "dan mereka bilang kita tidak bisa bersama karena kita datang dari sisi yang berbeda". Para penggemar Coldplay atau yang biasa disebut Coldplayers dan ARMY, sebutan bagi penggemar BTS, sudah sangat hafal dengan lirik bagian chorus karena pernah ditampilkan sebagai teaser.

Bagian 'You, you are my universe and I just want to put you first' (kaulah semestaku dan aku hanya ingin mengutamakanmu) pernah ditampilkan dalam video pendek yang diunggah akun Twitter Coldplay. Lagu yang diproduseri Max Martin itu merupakan single kedua dari Music of the Spheres, setelah “Higher Power.” Dalam wawancara di program televisi "The Kelly Clarkson Show" baru-baru ini, vokalis Coldplay Chris Martin mengungkapkan makna lagu "My Universe" dan alasan berkolaborasi dengan BTS.

"Menurut kami bagus jika bisa menyanyikan lagu ini dengan BTS karena mungkin kami dianggap tidak bisa bersama," kata Chris Martin. Setelah Coldplay berkunjung ke Korea Selatan beberapa bulan lalu, kedua grup sempat bertemu lagi ketika BTS mengunjungi New York awal pekan ini. Dalam foto bersama yang diunggah di akun media sosial masing-masing, empat personel Coldplay tampak mengenakan baju atasan hanbok (baju tradisional Korea) bergaya modern.

“Jadi lagu 'My Universe' adalah tentang seseorang dilarang mencintai orang tertentu, atau tidak boleh dengan suatu ras, atau dilarang menjadi gay atau apa pun itu,” ucap Chris Martin. Menurut Chris Martin, BTS dianggap sebagai artis yang mendobrak batasan. Meskipun awalnya diremehkan, BTS kini dianggap sebagai salah satu artis mainstream di industri musik dunia. Di luar itu, kata Chris Martin, BTS merupakan artis yang sempurna untuk diajak berkolaborasi di lagu "My Universe".

Sementara itu Coldplay dijadwalkan tampil di festival Global Citizen Live pada 25 September waktu New York, AS BTS juga akan ambil bagian di acara tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Coldplay X BTS Utamakan Cinta di Singel My Universe", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/09/24/170319666/coldplay-x-bts-utamakan-cinta-di-singel-my-universe?page=2.
Penulis : Baharudin Al Farisi
Editor : Kistyarini

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm