( Ist)

Geliatkan Sektor Pertanian dan Tingkatkan Konektivitas Warga di Desa Limbung, PT Timah TBK Bangun Jalan 2 Kilometer

28 September 2021 16:49 WIB

SonoraBangka.id – Mempermudah akses dan konektivitas warga untuk menjangkau kawasan perkebunan dan persawahan, PT Timah Tbk membangun dan memperbaiki Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Limbung, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat.

Jalan yang akan dibangun sepanjang 2 kilo ini sebelumnya merupakan akses yang dilalui puluhan kepala keluarga untuk menuju perkebunan dan persawahan. Selain itu, jalan ini menghubungkan antara Desa Kacung dan Desa Limbung. Jalanan ini sangat licin saat musim hujan. Tak ayal ini membuat warga kerap jatuh saat melintasi jalanan ini.

Bertahun-tahun warga melintasi jalan ini untuk membawa hasil kebun, beruntungnya dalam beberapa waktu lalu ada alat berat yang masuk ke kawasan tersebut sehingga membuat jalan lebih luas. Hanya saja, masih licin saat musim hujan.

Ketua Gapoktan Desa Limbung Jaya, Syamsul Bahri menceritakan pihaknya mengusulkan pembangunan jalan ini lantaran memang kondisi jalan yang sudah sulit dilalui warga, apalagi di tengah musim hujan seperti saat ini.

“Tadinya jalan ini berlumpur dan sangat licin sekali, ini sudah terbentuk karena ada PC yang masuk lewat sini untuk bangun sawah. Tapi ini aja masih licin kalau hujan. Ada banyak warga yang jatuh kalau pulang atau pergi dari kebun. Karena di sini banyak kebun warga ada lada, sawit, karet, ada persawahan juga,” ujar Syamsul.

Selain membangun jalan, PT Timah Tbk juga membuat dua titik gorong-gorong di kawasan ini dan juga talud sepanjang 40 meter.

Menurutnya, mereka sangat bangga dengan dibangunnya jalan yang lebih layak untuk akses warga menuju sumber ekonomi mereka. Usulan pembangunan jalan ini sudah disampaikan beberapa kali dalam Musrembang, hanya saja belum mendapat respon.

“Bisa dibilang PT Timah Tbk membuat jalan ini, karena jalan ini kan sebelumnya hanya untuk motor, memang ada PC lewat jadi lebih terbentuk. Tapi yang bener-bener dibangun memperhatikan kualitasnya ya baru kali ini lah. Kami bangga sekali PT Timah Tbk sudah membantu dan memudahkan petani di sini untuk ke kebun,” sebutnya.

Menurutnya, selama ini jalan ini hanya dibersihkan bergotong royong oleh warga dengan peralatan seadanya. Sehingga jalan ini memang perlu dibuat sesuai dengan peruntukannya untuk mendukung sektor pertanian.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan jalan ini tidak hanya untuk perkebunan warga, namun masyarakat dari Desa Kacung juga sering memanfaatkan jalan ini untuk menuju Pasar Parititiga, sehingga lebih dekat.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm